Skiatika – Prognosis dan Tindakan Lanjutan

Terbit: 14 August 2017 | Diperbarui: 5 July 2022
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Meskipun skiatika bisa sangat menyakitkan, seiring berjalannya waktu, rasa sakit yang terkait dengan skiatika hilang dalam beberapa hari sampai minggu. Rasa sakit kronis dapat memengaruhi sejumlah kecil orang yang menyebabkan beberapa kecacatan. Skiatika cenderung sering terulang kadang tanpa peringatan.

Saat punggung seseorang pulih, hindari memutar punggung sambil membungkuk pada saat bersamaan karena gerakan ini dapat memperburuk pemulihan kondisi seseorang dan mungkin memperlambat pemulihan.

Berikut adalah tindak lanjut untuk skiatika:

  • Ikuti langkah-langkah perawatan sederhana di rumah yang dijelaskan di atas untuk menghilangkan rasa sakit. Gunakan obat sakit, baik yang dapat dibeli bebas di apotek dan yang diresepkan oleh dokter.
  • Jika nyeri sangat dirasakan, hentikan aktivitas dan istirahatlah. Lakukan aktivitas dengan perlahan-lahan jika perlu dan usahakanlah tetap melakukan aktivitas.
  • Gunakan tongkat untuk menyokong tubuh akan sangat membantu sampai rasa sakit terkendali.

Langkah apa yang dapat membantu mencegah skiatika?

Teknik mengangkat beban yang tepat dalam menahan punggung lurus sambil menekuk lutut sering membantu menghindari masalah punggung mekanis. Jaga fleksibilitas dan otot dengan melakukan latihan peregangan. Ini membantu otot punggung tetap sehat dan kuat.

Mempertahankan berat badan seseorang dalam batas yang direkomendasikan sesuai dengan tinggi badan seseorang akan membantu mempertahankan kesehatan tubuh juga. Banyak penelitian membuktikan bahwa berjalan dan yoga telah membantu meredakan nyeri punggung.

Skiatika: 1 2 3 4 5 6
DokterSehat | © 2024 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi