Penyebab Utama Pil KB Menurun Efektivitasnya

pil-kontrasepsi-doktersehat
photo credit: getthefacts.health.wa.gov.au

DokterSehat.Com – Fungsi dari alat kontrasepsi adalah untuk mencegah terjadinya kehamilan. Setelah menggunakan alat kontrasepsi, seseorang akan lebih mudah melakukan seks. Tanpa menggunakan kondom sekali pun kemungkinan kehamilan akan rendah. Bahkan beberapa jenis kontrasepsi bisa membuat kehamilan mendekati nol persen.

Dari berbagai jenis alat kontrasepsi yang digunakan oleh pasangan, pil KB adalah yang sering diambil. Pil KB sering digunakan karena dianggap paling mudah digunakan. Penurunan kemungkinan hamil dengan KB ini juga mencapai 90 persen. Sayangnya, pil KB sering tidak efektif karena wanita sering melakukan beberapa kesalahan.

Penyebab pil KB tidak efektif

Ada beberapa hal yang menyebabkan efektivitas dari pil KB mengalami penurunan, berikut selengkapnya.

  1. Melewatkan pil KB

Salah satu kesulitan dari minum pil KB adalah konsisten. Wanita harus melakukannya setiap hari tanpa terkecuali. Lupa minum pil KB sama halnya tidak melakukan KB sehingga saat seks dilakukan masih ada kemungkinan terjadi pembuahan kalau pria ejakulasi di dalam.

  1. Muntah setelah minum pil KB

Efektivitas dari pil KB tidak langsung bekerja saat minum. Bahkan pasangan disarankan untuk melakukan seks beberapa hari setelah konsumsi pil agar tidak terjadi gangguan atau kebobolan sehingga pembuahan bisa terjadi dengan mudah.

Lebih lanjut, muntah setelah menggunakan pil KB juga bisa meningkatkan kemungkinan kehamilan kalau seks tetap dilakukan.

  1. Melakukan seks tanpa proteksi

Melakukan seks tanpa proteksi harus dilakukan kalau wanita lupa minum pil KB selama 2-3 hari. Tubuh akan fertil kembali sehingga seks yang dilakukan akan menyebabkan kehamilan. Gunakan kondom saat bercinta agar aman sebelum efek pil KB kembali.

  1. Mengonsumsi obat tertentu

Pil KB tidak ubahnya obat biasa yang memiliki efek tertentu dan dipengaruhi banyak hal di efektivitasnya. Kalau pil KB dikonsumsi dengan obat atau suplemen jenis lain yang tidak direkomendasikan dokter, ada kemungkinan fungsi estrogennya anjlok. Seks yang dilakukan tetap berpotensi sebabkan kehamilan.

Cara menjaga efektivitas pil KB

Efektivitas dari pil KB bisa meningkatkan atau terjaga, kalau Anda melakukan beberapa hal di bawah ini.

  1. Selalu buat alarm pengingat

Selalu buat pengingat atau penanda untuk minum pil KB setiap harinya. Kalau Anda minum setiap hari saat pagi pukul 08.00, ada baiknya untuk melakukannya setiap pukul itu. Pasang alarm dengan jam yang sama agar memudahkan Anda mengetahui waktu konsumsi dengan baik.

Gunakan pengingat di ponsel yang setiap hari digunakan. Usahakan bawa pil KB ke mana-mana agar bisa segera dikonsumsi saat alarm berbunyi.

  1. Menerapkan proteksi ganda

Terapkan proteksi ganda pada tubuh. Proteksi pertama adalah pil KB yang Anda gunakan sebelumnya. Setelah itu, lakukan proteksi lain dengan menggunakan kondom kalau Anda tidak yakin sudah minum pil KB atau belum. Terakhir, Anda bisa menerapkan coitus interruptus meski ada kemungkinan kehamilan yang kecil.

  1. Tidak mengonsumsi makanan tertentu

Jangan mengonsumsi makanan tertentu yang menyebabkan penurunan efektivitas dari pil KB. Jauhi alkohol dan rokok karena bisa menyebabkan gangguan yang besar. Kalau Anda susah menggunakan pil KB, bisa memilih cara lain seperti IUD.

Lakukan konsultasi dengan dokter dan pasangan. Kalau memang pil KB susah dijalankan, pertimbangkan cara lain dengan memperhitungkan efek sampingnya.

Inilah beberapa ulasan tentang efektivitas dari pil KB yang digunakan oleh wanita. Semoga setelah membaca ulasan di atas, Anda bisa lebih tahu tentang cara menggunakan alat kontrasepsi dengan benar. Jangan sembrono saat pakai kontrasepsi karena bisa sebabkan kehamilan.