5 Bagian Tubuh yang Cepat Alami Penuaan Dini

doktersehat penuaan dini

DokterSehat.Com – Penuaan adalah hal yang wajar dan pasti terjadi pada kita semua. Namun, penuaan dini bisa muncul saat usia kita masih belum terlalu tua. Bahkan, penuaan dini bisa saja muncul pada kita yang usianya baru 30-an tahun.

Nah, untuk mengatasi dan mencegah penuaan dini yang tentu saja mengganggu, simak beberapa bagian tubuh yang menunjukkan tanda penuaan yang cepat di bawah ini.

  1. Tangan

Kulit pada tangan sering menunjukkan tanda penuaan dini. Bagian tubuh ini paling sering digunakan untuk bekerja setiap harinya. Tangan juga sering terkena paparan sinar matahari sehingga sering menghitam atau bahkan rusak. Penuaan dini pada tangan bisa muncul pada usia 30-40 tahun.

  1. Kelopak mata

Pada wanita, tanda penuaan paling terlihat dari kantung matanya. Karena kadar estrogen yang menurun, kolagen dan elastin yang membuat kulit jadi kenyal tidak ada. Dampaknya, kulit dari kelopak mata akan mengendur dan menciptakan kantung mata.

  1. Kulit wajah

Pada pria atau wanita, kulit wajah akan mengalami sedikit pengeriputan. Kondisi ini akan berjalan perlahan-lahan atau bisa lebih cepat kalau kulit wajah tidak dijaga dengan baik. Kondisi ini menyebabkan elastisitas kulit menurun dan penuaan tidak bisa dihindari.

  1. Rambut

Penuaan dini yang terlihat dari rambut adalah seringnya terjadi rontok saat disisir. Selain itu, uban juga jadi sering muncul dan menyebabkan nyaris semua rambut di kepala memutih.

  1. Leher

Penuaan dini juga terlihat di leher dalam bentuk pengenduran atau penumpukan kulit. Pada pria atau wanita, kulit di area ini akan terlihat kusam dan tidak elastis lagi. Penuaan dini di area leher biasanya disebabkan oleh kebiasaan dan gaya hidup seperti sering merokok.

Nah, mari lebih menaga bagian tubuh itu dan kalau ada tanda penuaan segera atasi dengan olahraga, makan sehat, atau krim pelembap kulit.