Terbit: 8 September 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Meski tidak semuanya, sebagian besar pria cenderung malas menjaga sanitasi dari penisnya. Bagi mereka, asal sudah dicuci hingga bersih saat buang air kecil, penis tidak akan mengalami gatal dan juga bau. Anggapan pria yang seperti itu sebenarnya salah kaprah, pasalnya, area selangkangan pria memang rawan sekali berbau tidak sedap.

5 Cara Menyiasati Penis yang Beraroma Tidak Sedap

Mengapa rawan berbau tidak sedap? Karena area selangkangan mudah sekali berkeringat. Karena letaknya di dalam, pria juga susah untuk melakukan pengecekan secara rutin. Kondisi ini menyebabkan area itu jadi tidak memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga kemungkinan membiakkan bakteri lebih besar.

Kalau Anda tidak mau memiliki penis yang terlalu bau sehingga tidak nyaman saat bercinta, coba siasati dengan beberapa cara di bawah ini.

  1. Membawa celana dalam cadangan

Bawa celana dalam cadangan ke mana saja saat sedang bekerja khususnya kalau Anda sering berada di bawah terik matahari. Udara di area selangkangan yang panas akan membuat penis dan sekitarnya mudah sekali berkeringat. Kalau sudah berkeringat area itu akan penuh air dan celana dalam jadi kotor.

Selalu bawa celana dalam cadangan meski akhirnya tidak digunakan. Taruh di dalam tas agar bisa digunakan kalau sedang ada pada kondisi darurat. Kerja dengan celana dalam yang kotor bisa tidak nyaman. Selain menimbulkan bau, akan ada rasa gatal yang muncul.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

  1. Kencing sambil duduk

Pria memang bisa kencing sambil berdiri di urinoir. Namun, apa yang dilakukan ini cukup berisiko untuk kesehatan secara menyeluruh dan menimbulkan aroma tidak sedap. Mengapa bisa menimbulkan aroma tidak sedap? Karena urine yang keluar tidak bisa sempurna. Ada kalanya masih tersisa dan keluar saat pria usai mengenakan celana dalam.

Kalau pria kencing dengan duduk di toilet, kemungkinan urine keluar dengan sempurna akan besar. Jadi, setelah dibersihkan, tidak akan ada urine yang keluar dan mengenai celana dalam sehingga kotor dan bau tidak sedap.

  1. Cuci dan bersihkan hingga kering

Setelah kencing atau usai mandi, segera bersihkan penis dengan sempurna lalu keringkan. Ingat ya, cuci lalu keringkan dan jangan biarkan area penis basah sebelum mengenakan celana dalam. Kalau area penis sampai basah ada kemungkinan bakteri di area selangkangan mendekat dan akhirnya berkembang biak.

Kalau Anda pergi ke toilet umum usahakan membawa tisu basah dan kering. Setelah kencing bersihkan penis dengan tisu basah lalu tisu kering. Setelah dicuci barulah Anda boleh memasukkannya.

  1. Jauhi makanan terlalu pedas

Makanan yang pedas memang nikmat dan bisa menaikkan nafsu makan dengan baik. Namun, kalau dikonsumsi berlebihan bisa menyebabkan banyak masalah mulai dari masalah yang berhubungan dengan perut dan juga penis. Pria yang senang makanan pedas akan memiliki keringat bau dan aroma penis yang tidak sedap.

Jauhi makanan yang terlalu pedas setidaknya tidak mengonsumsinya beberapa hari atau jam sebelum bercinta. Perbanyak makanan yang bisa meningkatkan libido seperti makanan laut atau lemak nabati yang sehat seperti avokad.

  1. Olahraga dan turunkan berat badan

Cara terakhir untuk menghindari aroma yang tidak sedap di area penis adalah dengan berolahraga. Saat berolahraga keringat akan mudah keluar dan pori-pori menjadi lebih bersih. Selain itu, pria yang tidak memiliki kadar lemak tinggi di tubuhnya jadi jarang berkeringat dan aroma tubuhnya tidak menjadi pekat.

Inilah beberapa cara menyiasati penis yang beraroma tidak sedap. Semoga Anda bisa mengikuti cara di atas sehingga penis selalu segar dan seks bisa dilakukan dengan lebih lancar.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi