Penyebab Penis Bau Tidak Sedap Setelah Seks dan Cara Mengatasinya

aroma-tidak-sedap-penis-doktersehat

DokterSehat.Com – Setelah melakukan seks ada beberapa hal yang muncul menjadi masalah. Pertama adalah kondisi badan yang terlalu capek. Seks yang intens juga menguras energi dalam jumlah yang banyak. Selanjutnya adalah aroma. Seks juga menyebabkan aroma tubuh mengalami penurunan dan kadang sangat tidak sedap.

Nah, dari beberapa masalah itu, pria lebih sering mengalami masalah pada aroma pada tubuhnya khususnya penis. Aroma ini bisa membuat pria menjadi tidak nyaman, khususnya saat tidur dengan kondisi telanjang dengan pasangan. Berikut penyebab penis menjadi bau dan cara mengatasinya.

Penyebab penis bau pasca seks

Ada beberapa hal yang menyebabkan penis menjadi bau tidak sedap setelah melalukan seks, berikut selengkapnya.

  1. Kenaikan suhu tubuh dan berkeringat

Saat melakukan seks dan terangsang, suhu tubuh akan mengalami pengikatan. Peningkatan ini menyebabkan tubuh berkeringat dan panas. Kondisi ini mirip sekali saat Anda sedang berolahraga. Saat tubuh mengalami peningkatan aktivitas, keringat akan mulai bercucuran. Nah, keringat ini juga menyumbang bau penis usai seks.

Berkeringat saat seks adalah hal yang wajar dan bisa terjadi pada siapa saja. Meski nantinya penis akan bau, Anda tidak perlu merasa cemas karena pada artikel ini juga akan dibahas bagaimana cara mengatasi bau pada penis secara maksimal sehingga pria tidak perlu minder lagi.

  1. Cairan tubuh

Cairan tubuh dari diri sendiri dan orang lain akan membuat penis memiliki aroma yang berbeda. Misal saat pria mengalami ejakulasi di dalam tubuh wanita, aroma dari sperma yang bercampur dengan cairan vagina akan menempel cukup lama. Pada wanita aroma ini juga akan bertahan di vagina jika tidak segera dibersihkan.

  1. Aroma tubuh pasangan

Tidak bisa dimungkiri lagi kalau tubuh wanita memiliki aroma yang berbeda-beda. Bahkan aroma dari vagina sendiri bisa berubah-ubah sesuai dengan situasi yang terjadi, misal aroma logam saat mendekati menstruasi. Selanjutnya ada aroma busuk kalau terjadi infeksi di dalam vagina.

Aroma dari vagina ini menyebabkan penis jadi memiliki aroma yang sama. Kalau aromanya busuk karena infeksi, penis juga akan memilikinya setelah melakukan seks dengan pasangan.

Mengatasi penis bau setelah seks

Penis yang bau setelah seks bisa diatasi dengan melakukan hal-hal di bawah ini.

  1. Menggunakan kondom saat seks

Cara terbaik untuk membuat penis minim bau setelah seks adalah dengan menggunakan kondom. Dengan kondom cairan dari penis dan vagina tidak akan menyatu. Saat pria ejakulasi, cairan juga hanya terkonsentrasi di bawah. Kondom yang digunakan juga usahakan yang tidak memiliki aroma tertentu.

  1. Segera mencuci penis usai seks

Setelah melakukan seks yang intens segera cuci penis hingga bersih. Kalau tubuh masih berkeringat tunggu sampai kering. Selanjutnya, mandi hingga bersih dengan menggunakan sabun. Singkatnya jangan buat kotoran di penis mengering lama dan baunya menempel.

  1. Merapikan rambut kemaluan

Kalau Anda memiliki rambut kemaluan yang terlalu tebal, coba rapikan. Gunting di bagian yang dekat dengan batang penis. Jangan mencukur rambut itu sampai habis karena bermanfaat untuk melindungi penis.

  1. Mengeringkan penis

Setelah mandi dan merapikan rambut kemaluan, ada baiknya mengeringkan tubuh khususnya penis. Jangan biarkan penis menjadi basah karena bisa menimbulkan bau yang tidak sedap. Setelah kering, kenakan pakaian yang bersih.

Setelah membaca ulasan di atas, kira-kira masalah apa yang membuat Anda sering memiliki penis dengan bau yang tidak sedap? Semoga setelah ini kita bisa lebih tahu tentang cara menjaga penis agar selalu sehat sebelum dan sesudah seks.