Terbit: 7 Januari 2020
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo


Bagaimana cara mengatasi serangan jantung? Serangan jantung bisa terjadi ketika aliran darah ke jantung tersumbat. Penyumbatan ini paling sering disebabkan oleh penumpukan lemak, kolesterol dan zat-zat lain yang kemudian membentuk plak di arteri. Setiap menit adalah sesuatu yang berharga saat Anda mengalami serangan jantung, karena hal itu menyebabkan lebih banyak jaringan jantung yang rusak atau mati. Simak cara mengatasi serangan jantung selengkapnya di bawah ini.

cara-mengatasi-serangan-jantung-doktersehat

Penanganan Serangan Jantung

Sebelum menjelaskan mengenai cara mengobati serangan jantung, pada dasarnya pilihan perawatan serangan jantung tergantung pada apakah Anda mengalami ST segment elevation myocardial infarction (STEMI) atau jenis serangan jantung lainnya.

STEMI adalah bentuk serangan jantung yang paling serius dan memerlukan penilaian dan perawatan darurat. Sangat penting untuk mendapatkan perawatan dengan cepat guna meminimalkan kerusakan pada jantung.

Berikut ini adalah beberapa cara penanganan serangan jantung yang bisa dilakukan, di antaranya:

1. Obat-obatan

Obat-obatan yang mungkin diberikan untuk mengobati serangan jantung termasuk:

  • Aspirin

Cara mengobati serangan jantung yang pertama adalah dengan aspirin. Pemberian aspirin harus diberikan dengan segera untuk mengurangi pembekuan darah, sehingga membantu menjaga aliran darah melalui arteri yang menyempit.

  • Trombolitik

Jenis obat yang juga disebut clotbusters ini membantu melarutkan bekuan darah yang menghalangi aliran darah ke jantung. Semakin awal Anda menerima thrombolytics setelah serangan jantung, semakin besar peluang untuk bertahan hidup dan memiliki lebih sedikit kerusakan pada jantung.

  • Antiplatelet agents

Obat ini berguna untuk membantu mencegah gumpalan baru dan menjaga agar gumpalan yang ada tidak bertambah besar

  • Obat pengencer darah

Anda kemungkinan akan diberi obat seperti heparin untuk membuat darah lebih sedikit ‘lengket’ dan cenderung membentuk gumpalan. Heparin diberikan secara intravena atau dengan suntikan di bawah kulit.

  • Penghilang rasa sakit

Anda mungkin diberikan pereda nyeri seperti morfin.

  • Nitrogliserin

Obat ini digunakan untuk mengobati nyeri dada (angina) dan membantu meningkatkan aliran darah ke jantung dengan melebarkan pembuluh darah.

  • Beta blockers

Obat ini membantu mengendurkan otot jantung, memperlambat detak jantung, dan menurunkan tekanan darah. Selain itu, beta blocker dapat membatasi jumlah kerusakan otot jantung dan mencegah serangan jantung di masa depan.

  • ACE inhibitor

Obat ini menurunkan tekanan darah dan mengurangi stres pada jantung.

  • Statins

Obat ini membantu mengendalikan kolesterol darah.



DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi