Serangan jantung bisa terjadi ketika aliran darah ke jantung tersumbat. Penyumbatan ini paling sering disebabkan oleh penumpukan lemak, kolesterol dan zat-zat lain yang kemudian membentuk plak di arteri. Setiap menit adalah sesuatu yang berharga saat Anda mengalami serangan jantung, karena hal itu menyebabkan lebih banyak jaringan jantung yang rusak atau mati. Simak cara mengatasi serangan jantung selengkapnya di bawah ini.

cara-mengatasi-serangan-jantung-doktersehat

Penanganan Serangan Jantung

Sebelum menjelaskan mengenai cara mengobati serangan jantung, pada dasarnya pilihan perawatan serangan jantung tergantung pada apakah Anda mengalami ST segment elevation myocardial infarction (STEMI) atau jenis serangan jantung lainnya.

STEMI adalah bentuk serangan jantung yang paling serius dan memerlukan penilaian dan perawatan darurat. Sangat penting untuk mendapatkan perawatan dengan cepat guna meminimalkan kerusakan pada jantung.

Berikut ini adalah beberapa cara penanganan serangan jantung yang bisa dilakukan, di antaranya:

Obat-obatan

Obat-obatan yang mungkin diberikan untuk mengobati serangan jantung termasuk:

  • Aspirin

Cara mengobati serangan jantung yang pertama adalah dengan aspirin. Pemberian aspirin harus diberikan dengan segera untuk mengurangi pembekuan darah, sehingga membantu menjaga aliran darah melalui arteri yang menyempit.

  • Thrombolytics

Jenis obat yang juga disebut clotbusters ini membantu melarutkan bekuan darah yang menghalangi aliran darah ke jantung. Semakin awal Anda menerima thrombolytics setelah serangan jantung, semakin besar peluang untuk bertahan hidup dan memiliki lebih sedikit kerusakan jantung.

  • Antiplatelet agents

Obat ini berguna untuk membantu mencegah gumpalan baru dan menjaga agar gumpalan yang ada tidak bertambah besar

  • Obat pengencer darah

Anda kemungkinan akan diberi obat seperti heparin untuk membuat darah lebih sedikit ‘lengket’ dan cenderung membentuk gumpalan. Heparin diberikan secara intravena atau dengan suntikan di bawah kulit.

  • Penghilang rasa sakit

Anda mungkin diberikan pereda nyeri seperti morfin.

  • Nitroglycerin

Obat ini digunakan untuk mengobati nyeri dada (angina) dan membantu meningkatkan aliran darah ke jantung dengan melebarkan pembuluh darah.

  • Beta blockers

Obat ini membantu mengendurkan otot jantung, memperlambat detak jantung, dan menurunkan tekanan darah. Selain itu, beta blocker dapat membatasi jumlah kerusakan otot jantung dan mencegah serangan jantung di masa depan.

  • ACE inhibitor

Obat ini menurunkan tekanan darah dan mengurangi stres pada jantung.

  • Statins

Obat ini membantu mengendalikan kolesterol darah.

Prosedur Bedah

Selain obat-obatan, cara mengatasi serangan jantung juga bisa dilakukan dengan prosedur bedah. Berikut adalah penanganan serangan jantung yang bisa dilakukan, di antaranya:

  • Coronary angioplasty and stenting

Dalam prosedur ini, dokter memasukkan selang tipis panjang (kateter) yang melewati arteri di pangkal paha atau pergelangan tangan ke arteri yang tersumbat di jantung. Jika Anda mengalami serangan jantung, prosedur ini sering dilakukan segera setelah kateterisasi jantung, prosedur yang digunakan untuk menemukan penyumbatan.

Kateter ini memiliki balon khusus yang dipompa untuk membuka arteri koroner yang tersumbat. Metal mesh stent kemudian dimasukkan ke dalam arteri agar tetap terbuka dalam jangka panjang sehingga mengembalikan aliran darah ke jantung.

  • Coronary artery bypass surgery

Dalam beberapa kasus, dokter melakukan prosedur ini saat serangan jantung. Jika memungkinkan, Anda harus menjalani operasi bypass setelah jantung memiliki waktu—sekitar tiga hingga tujuh hari—untuk pulih dari serangan jantung.

Prosedur ini dilakukan dengan menjahit vena atau arteri di luar arteri koroner yang tersumbat atau menyempit. Setelah aliran darah ke jantung dipulihkan dan kondisi Anda stabil, kemungkinan Anda akan tetap di rumah sakit selama beberapa hari.

Pengobatan Alami

Jika Anda ingin menjaga kesehatan jantung, biasanya Anda akan melakukan tiga hal: memilih makanan bergizi, tetap aktif, dan menghindari melakukan kebiasaan buruk. Berikut ini adalah cara mengatasi serangan jantung alami yang bisa dilakukan, di antaranya:

  • Bawang Putih

Bawang putih memiliki kemampuan untuk menurunkan kolesterol, tekanan darah, dan peradangan. Efek gabungan ini dapat membantu mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Meski begitu, beberapa dokter jantung mengatakan bawang putih tidak bisa digunakan untuk penanganan serangan jantung

  • Ragi Beras Merah

Ragi beras merah dibuat dengan mencampur beras fermentasi dengan ragi. Makanan ini juga dipercaya sebagai natural statin.

Bahan aktif dalam ragi beras merah adalah senyawa yang disebut monacolin yang menghambat produksi kolesterol. Ini juga merupakan bahan yang ditemukan dalam statin lovastatin. Selain mengurangi kadar kolesterol, ragi beras merah juga dapat menurunkan kadar trigliserida darah.

Namun, beras ragi merah memiliki potensi efek samping yang meliputi gangguan pencernaan, mulas, dan pusing.

  • Flaxseed

Cara mengatasi serangan jantung dengan bahan alami berikutnya adalah dengan flaxseed. Akan tetapi, jika Anda berisiko tinggi, sebaiknya tidak menggunakannya sebagai pengganti obat

Flaxseed kaya akan asam lemak omega 3 yang membantu menurunkan tekanan darah dan peradangan. Selain itu,  flaxseed juga mengandung senyawa tanaman kaya serat yang disebut lignans yang telah terbukti mengurangi kolesterol dan penumpukan plak di arteri.

  • Vitamin K2

Vitamin K2 sering dikaitkan dengan kesehatan jantung yang lebih baik. Sebuah studi menunjukkan bahwa diet yang kaya vitamin K membantu mencegah kalsium dalam aliran darah mengendap di arteri dan pembuluh darah. Seseorang yang tidak mendapatkan cukup vitamin K2 memiliki lebih banyak simpanan kalsium dalam arterinya sehingga berisiko lebih tinggi untuk mengalami penyakit jantung.

 

Sumber:

  1. Heart attack. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/heart-attack/diagnosis-treatment/drc-20373112. (Diakses pada 7 Januari 2020).
  2. Heart attack. https://www.nhs.uk/conditions/heart-attack/treatment/. (Diakses pada 7 Januari 2020).
  3. Natural Remedies for Heart Health: Help or Harm?. https://www.webmd.com/heart-disease/features/natural-remedies-for-heart-health-help-or-harm#1. (Diakses pada 7 Januari 2020).