Carpal Tunnel Syndrome – Pengobatan, Prognosis, dan Pencegahan

Carpal-Tunnel-Syndrome-doktersehat

Perawatan di rumah untuk sindrom terowongan karpal sangat mudah dan sering dapat memberikan kelegaan untuk kasus ringan sindrom terowongan karpal.

Kenakan splint pergelangan tangan (bisa dibeli di sebagian besar toko obat) agar pergelangan tangan tetap dalam posisi optimal saat istirahat. Splint biasanya dicoba untuk jangka waktu empat sampai enam minggu. Beberapa orang memakai splint di malam hari saja dan yang lainnya memakai splint baik siang dan malam, tergantung kapan gejalanya paling buruk. Jika tidak ada bantuan yang ditemukan pada empat sampai enam minggu, splint berarti tidak terlalu membantu.

Penanganan
Carpal tunnel syndrome merupakan proses inflamasi. Namun, rasa sakit adalah keluhan yang umum, dan obat antiinflamasi terkadang digunakan untuk mengobati rasa sakit. Obat anti-inflamasi seperti ibuprofen (Advil) mungkin memberi sedikit kelegaan namun tidak mungkin menyembuhkan carpal tunnel syndrom.

Injeksi langsung obat steroid oleh dokter Anda ke dalam saluran karpal telah terbukti menjadi pengobatan yang efektif untuk beberapa orang dengan carpal tunnel syndrome. Ini adalah prosedur yang bisa dilakukan di kantor dokter dengan melibatkan sedikit ketidaknyamanan.

Operasi
Bila pengobatan non-pembedahan telah gagal atau untuk kasus yang lebih lanjut, perawatan bedah sindroma terowongan karpal dapat dipertimbangkan. Tujuan operasi adalah untuk mengambil tekanan dari saraf di pergelangan tangan. Dokter bedah akan membuat potongan kecil di sisi telapak dari pergelangan tangan dan kemudian melepaskan ligamen yang menutupi terowongan karpal. Dengan melepaskan ligamen, ukuran terowongan karpal meningkat dan tekanan terasa lega pada saraf di terowongan karpal.

Secara keseluruhan, operasi sangat aman, namun beberapa risiko memang ada, termasuk infeksi, kesulitan penyembuhan luka, kekakuan, nyeri luka, dan luka syaraf. Beberapa orang akan segera lega dan gejala mereda begitu tekanan pada saraf dieliminasi dengan operasi. Orang lain tidak mengalami kemajuan karena tekanan pada saraf sudah berlangsung lama dan berat.

Setelah operasi, perban ditempatkan di atas luka bedah. Jari dibiarkan bebas untuk segera digunakan. Kebanyakan orang merasa nyaman menggunakan tangan mereka untuk aktivitas ringan dalam satu atau dua hari setelah operasi. Orang dapat kembali ke pekerjaan ringan tiga sampai empat minggu setelah operasi dan pekerjaan berat sekitar enam minggu setelah operasi.

Terapi lainnya
Terapi fisik (fisioterapi) bisa sangat berguna setelah operasi terowongan karpal. Terapi bisa mengurangi pembengkakan, kekakuan, dan nyeri setelah operasi. Terapi juga bisa membantu mengembalikan kekuatan setelah operasi. Tidak semua orang membutuhkan terapi setelah operasi, tapi untuk beberapa orang, ini bisa sangat membantu.

Tindak lanjut
Pakai splint pergelangan tangan Anda, dan minum semua obat sesuai petunjuk.

Tetap kontrol ke dokter Anda, bahkan jika Anda merasa lebih baik, dokter Anda dapat memantau kemajuan Anda dan membuat perubahan pada rencana perawatan Anda jika perlu.

Pencegahan
Menghindari merokok, mempertahankan berat badan yang sesuai, dan berolahraga secara teratur dapat membantu mencegah timbulnya sindrom terowongan karpal.

Modifikasi alat  kerja, keyboard untuk mengetik, dan alat-alat lainnya  telah dicoba untuk mencegah pengembangan sindrom terowongan karpal. Apakah intervensi ergonomis ini bermanfaat tidak diketahui. Pengobatan artritis pergelangan tangan yang tepat, jika memang ada, dapat mencegah atau mengobati sindroma carpal tunnel.

Prognosis
Prognosis sindroma carpal tunnel sangat baik. Kasus ringan bisa merespons perawatan non-pembedahan, seperti pemasangan splint dan suntikan steroid. Kasus lanjut dapat diobati dengan sangat efektif dengan pembedahan.

Carpal Tunnel Syndrome: 1 2 3