Terbit: 21 Januari 2020
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Cara menghilangkan nyeri lutut dapat dilakukan dengan cara alami maupun medis. Nyeri lutut adalah kondisi yang sering diderita orang-orang dari segala usia. Nyeri lutut dapat disebabkan oleh cedera, seperti pecahnya ligamen atau robeknya tulang rawan. Kondisi medis juga menjadi penyebabnya, termasuk radang sendi, asam urat dan infeksi.

cara-menghilangkan-nyeri-lutut-doktersehat

Cara Mengobati Nyeri Lutut yang Alami dan Medis

Perawatan nyeri lutut tergantung pada apa yang menjadi penyebabnya, dan berbagai jenis nyeri yang ringan dapat merespons baik terhadap pengobatan secara mandiri di rumah. Berikut beberapa cara mengobati nyeri lutut secara alami:

1. Kompres Es

Mengompres lutut yang sedang nyeri dengan satu kantong makanan beku yang dibungkus plastik dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan.

Anda juga bisa menggunakan kompres es yang dibungkus handuk tipis untuk menghindari peradangan dingin pada kulit. Meskipun kompres es biasanya aman dan efektif, tetapi jangan menggunakan es lebih dari 20 menit setiap kali penggunaan karena risiko kerusakan pada saraf dan kulit.

2. Kompres Hangat

Selain kompres dingin, kompres hangat juga mampu membantu menghilangkan rasa sakit sementara. Panas juga dapat menenangkan otot dan kelenturan sendi, yang pada akhirnya mengurangi kekakuan sendi.

Cobalah mengompres nyeri lutut menggunakan kain yang dicelupkan kedalam air panas atau botol yang diisi air panas sampai rasa nyeri berkurang. Sebelum menerapkan kompres hangat, cek suhunya dan jangan terlalu panas.

Beberapa orang mungkin menggunakan cara mengobati nyeri lutut ini untuk meningkatkan aktivitas di pagi hari dan mengurangi pembengkakan di kemudian hari.

– Iklan –

3. Minyak Atsiri

Minyak atsiri dapat membantu mengurangi rasa sakit. Ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2008. Hasilnya, peneliti menyarankan bahwa memijat menggunakan minyak yang mengandung jahe dan jeruk dapat meringankan rasa sakit sedang hingga berat karena osteoarthritis (peradangan pada sendi dan tulang).

Sementara dalam satu penelitian lainnya, para peneliti menemukan bahwa mengoleskan salep yang mengandung kayu manis, jahe, damar wangi, dan minyak wijen memiliki manfaat yang sama, yakni mengatasi rasa sakit, kekakuan, dan gerakan, seperti menggunakan salep salisilat.

Anda bisa mendapatkan beberapa minyak atsiri yang tersedia secara online, seperti minyak atsiri kayu manis, jeruk dan jahe.

4. Istirahat

Salah satu Cara menghilangkan nyeri lutut yang cukup efektif yaitu dengan beristirahat. Untuk itu, beristirahatlah dari aktivitas sehari-hari untuk mengurangi ketegangan berulang pada lutut, beri waktu cedera untuk pulih dan membantu mencegah kerusakan sendi lutut lebih lanjut.

Istirahat selama satu atau dua hari mungkin dibutuhkan untuk pemulihan cedera ringan. Sementara nyeri lutut karena cedera yang lebih parah kemungkinan membutuhkan waktu pemulihan yang lebih lama.

5. Aktivitas Fisik

Olahraga ringan dapat menghambat perkembangan osteoarthritis, kondisi yang sering menyebabkan nyeri lutut. Untuk itu, pastikan Anda tetap aktif secara fisik untuk meningkatkan kesehatan jaringan tulang rawan.

Olahraga juga dapat memperkuat cara tubuh membantu persendian, dan memperkuat otot-otot kaki, yang sangat bermanfaat bagi kekuatan lutut.

Penderita nyeri sendi bisa mendapatkan manfaat dari aktivitas fisik, seperti aerobik air, karena olahraga ini membuat sedikit tekanan pada lutut.

Baca Juga: 8 Cara Mencegah Nyeri Lutut secara Alami (Ampuh!)

6. Menurunkan Berat Badan

Orang yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas memiliki risiko lebih tinggi terhadap nyeri lutut dan peradangan di seluruh tubuh. Membawa beban tubuh yang berlebih membuat persendian lebih banyak beban pula untuk menopang. Untuk itu, menurunkan berat badan dapat membantu mengurangi nyeri lutut jangka panjang, termasuk rasa sakit yang disebabkan oleh radang sendi. 

Untuk membantu penurunan berat badan, Anda perlu mengatur pola makan yang sehat. Diet yang sehat dan seimbang di antaranya:

  • Makan buah, sayuran, dan serat yang banyak
  • Kurangi makan daging, lemak hewani, dan lemak lainnya

Sebelum menjalankan diet sehat, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dulu dengan ahli gizi untuk memastikan diet yang aman untuk Anda. 

7. Mengatur Postur Tubuh

Postur yang tidak baik juga dapat memengaruhi persendian di lutut, yang pada akhirnya menyebabkan rasa sakit. Oleh karena itu, berikut langkah-langkah yang dapat membantu meminimalkan ketegangan pada lutut:

  • Menghindari duduk di kursi dan sofa yang rendah.
  • Duduk di atas bantal untuk meninggikan tempat duduk Anda, jika perlu.
  • Memastikan posisi duduk yang baik, tanpa membungkuk atau bersandar.
  • Menggunakan sepatu yang pas dan nyaman untuk menghindari sepatu dengan lengkungan yang rusak, karena dapat mengakibatkan gaya tidak normal dan aus pada sendi lutut.
  • Menghindari duduk lama dan tanpa bergerak, karena persendian bisa menjadi kaku dan sakit

8. Terapi Pijat

Pijatan dapat meredakan nyeri lutut. Asosiasi Terapi Pijat Amerika (AMTA) bahkan menyarankan cara menghilangkan nyeri lutut yang satu ini.

Memijat harus dilakukan dalam posisi duduk dengan kaki terjulur lurus ke depan. Berikut caranya: 

  • Tutup kedua tangan dengan longgar, ketukkan pada paha bagian atas, bawah, dan tengah sebanyak 10 kali. Ulangi tiga kali.
  • Duduk dengan kaki terjulur lurus di lantai, gunakan tumit tangan untuk memijat bagian atas paha dan meluncur sejauh lutut, lalu lepaskan. Ulangi sebanyak lima kali. Lakukan cara yang sama untuk sisi luar dan dalam paha.
  • Tekan lutut dengan empat jari dan gerakkan ke atas dan ke bawah sebanyak lima kali. Ulangi cara ini di sekitar lutut.
  • Tempelkan telapak tangan di atas paha, kemudian tekan dan meluncur turun ke paha, di atas lutut dan kembali ke paha luar. Pijatan pada otot-otot paha akan memiliki manfaat yang baik untuk lutut.

Baca Juga: 9 Obat Tradisional Nyeri Lutut untuk di Rumah, Lengkap dan Praktis

Nah, itu dia cara mengobati nyeri lutut secara alami. Namun, jika pengobatan di atas kurang efektif, Anda bisa mencoba cara mengatasi nyeri lutut secara medis di bawah ini:

9. Obat-Obatan

Cara menghilangkan nyeri lutut yang disebabkan oleh arthritis (peradangan sendi) bisa menggunakan obat antiinflamasi nonsteroid dan obat lainnya. Beberapa obat ini harus berdasarkan resep dari dokter, tetapi beberapa dapat digunakan tanpa resep.

Berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan pada tahun 2015, bahwa beberapa obat bisa digunakan untuk mengatasi nyeri pada persendian. Penelitian ini telah membandingkan efektivitas sejumlah obat yang digunakan untuk mengobati nyeri lutut.

Peneliti telah melihat efek beberapa obat pada rasa sakit dan kekakuan, di antaranya:

  • Diclofenac
  • Ibuprofen
  • Naproxen
  • Celecoxib
  • Intra-articular corticosteroids
  • Intra-articular hyaluronic acid

Para peneliti menyimpulkan bahwa semua obat ini bisa membantu mengatasi nyeri lutut, tetapi obat-obatan intra-articular yang disuntikkan ke dalam sendi, tampaknya paling efektif.

10. Injeksi

Selain obat oral, dokter mungkin menyarankan Anda untuk disuntik dengan obat-obatan atau zat-zat lain langsung ke dalam sendi Anda. Obat obatan yang dapat disuntikan termasuk:

  • Kortikosteroid. Suntikan obat kortikosteroid ke dalam sendi lutut dapat membantu mengurangi gejala radang sendi dan menghilangkan rasa sakit yang berlangsung beberapa bulan. Tetapi, suntikan ini tidak efektif dalam semua kondisi.
  • Hyaluronic acid. Cairan kental ini mirip dengan cairan yang melumasi sendi secara alami, hyaluronic acid dapat disuntikkan ke lutut untuk meningkatkan mobilitas dan mengurangi rasa sakit. 
  • Platelet-rich plasma (PRP). PRP mengandung konsentrasi berbagai faktor pertumbuhan yang mengurangi peradangan dan meningkatkan penyembuhan. Jenis suntikan ini cenderung efektif pada penderita sakit lutut yang disebabkan oleh robeknya tendon, keseleo atau cedera.

11. Operasi

Jika cedera yang mungkin memerlukan prosedur operasi, biasanya tidak perlu segera dioperasi. Sebelum membuat keputusan, pertimbangkan hal baik dan buruknya dari penyembuhan non-bedah maupun bedah, sehubungan  dengan cara menghilangkan nyeri lutut yang tepat bagi Anda.

Jika memilih untuk menjalani operasi, pilihannya mungkin termasuk:

  • Arthroscopy. Tergantung pada kondisi cedera, dokter mungkin memeriksa dan memperbaiki kerusakan sendi menggunakan kamera serat optik, yang dimasukkan melalui sayatan kecil di sekitar lutut atau yang disebut arthroscopy. Arthroscopy digunakan mengatasi sendi lutut dengan memperbaiki tulang rawan yang rusak, dan memperbaiki ligamen yang robek.
  • Operasi penggantian lutut parsial. Dalam prosedur ini, dokter bedah Anda hanya mengganti bagian lutut yang paling rusak dengan bagian yang terbuat dari logam dan plastik. Operasi biasanya dapat dilakukan melalui sayatan kecil, sehingga Anda cenderung sembuh lebih cepat daripada Anda dengan operasi untuk mengganti seluruh lutut Anda.
  • Penggantian lutut total. Dalam prosedur ini, dokter bedah akan memotong tulang dan tulang rawan yang rusak dari tulang paha, tulang kering, dan tempurung lutut, dan menggantinya dengan sambungan artifisial yang terbuat dari campuran logam, plastik berkualitas tinggi, dan polimer.

 

  1. Anonim. Knee Pain and Problems. https://www.hopkinsmedicine.org/health/conditions-and-diseases/knee-pain-and-problems. (Diakses 21 Januari 2020)
  2. MacGill, Markus . 2018. Fourteen home remedies for knee pain. https://www.medicalnewstoday.com/articles/311280.php. (Diakses 21 Januari 2020)
  3. Mayo Clinic Staff. 2019. Knee pain. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/knee-pain/diagnosis-treatment/drc-20350855. (Diakses 21 Januari 2020)


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi