Terbit: 13 November 2017 | Diperbarui: 21 Mei 2020
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia


Ada beberapa pilihan yang tersedia untuk pengobatan tremor. Ini termasuk perawatan medis maupun bedah. Dalam beberapa kasus, penurunan dosis atau penghentian obat mungkin cukup, sementara pada kasus lain perawatan hormonal yang lebih kompleks mungkin diperlukan. Bagaimanapun, pemilihan pengobatan yang paling tepat tergantung pada penyebab tremor dan harus dilakukan oleh dokter yang ahli dalam diagnosis dan perawatan kondisi ini.

doktersehat-obat-a-z-ponstan-asam-mefenamat-Levofloxacin-suplemen-hamil-kehamilan-hiv-truvada-melatonin-susah-tidur

Penanganan dan Pengobatan Tremor Esensial

Beberapa obat berguna dalam perbaikan tremor, dengan pengecualian tremor ringan. Meskipun pengobatan tersebut memiliki beberapa efek samping, keuntungan dari menurunnya intensitas tumor, pada beberapa kasus obat tremor memiliki efek samping potensial dan efek yang merugikan untuk tubuh.

Alkohol (ethanol) bisa menurunkan intensitas tremor. Banyak orang menyadari bahwa minum alkohol sebelum makan sangat membantu. Efek samping utamanya terkait dengan potensi risiko kecanduan alkohol, dan oleh karena itu teknik ini hanya sedikit praktisi yang akan mendukungnya. Juga, ketika efek etanol hilang, tremor kembali dan bahkan mungkin akan semakin hebat.

Salah satu obat yang paling efektif untuk tremor esensial adalah propranolol, yang juga merupakan alkohol namun tidak memiliki efek tambahan. Efek samping propranolol antara lain adalah bronkospasme (ini tidak dapat digunakan pada orang dengan asma), kantuk, dan impotensi. Ada obat lain dalam kelompok obat ini seperti metoprolol (Lopressor, Toprol XL) dan nadolol (Corgard) yang mungkin memiliki efek samping lebih sedikit namun tidak efektif seperti propanolol.

Primidone (Mysoline) obat yang pertama digunakan sebagai obat antiepilepsi, juga berguna dan diindikasikan bila propanolol tidak efektif. Obat antikonvulsan lainnya [gabapentin (Neurontin, Gabarone), topiramate (Topamax)] telah diujicobakan namun tidak dianggap sebagai pengobatan lini pertama.

Pada kasus tremor esensial ekstrem, toksin botulinum mungkin diindikasikan. Namun, perawatan ini terkait dengan kelemahan, dan pengaruhnya hanya bersifat sementara. Pengobatan ini dapat dipertimbangkan untuk kasus yang paling parah bila propranolol atau primidone gagal meredakan gejala.

Pada beberapa individu dengan tremor ringan, penggunaan gelang dengan beban di dalamnya bisa membantu mengurangi besarnya osilasi. Perangkat ini bisa bermanfaat saat makan atau minum.

Tremor – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4 5 6 7 8 9


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi