Terbit: 22 April 2017
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Perut kembung atau flatulens seringkali terkait dengan apa yang kita makan, dan terkadang karena kebiasaan orang yang menelan udara. Penanganan di rumah untuk mengatasi masalah ini adalah dari makanan. Kebanyakan orang menggunakan cara trial and error untuk mengatasi flatulens.

Perut Kembung – Pengobatan Mandiri di Rumah

  • Perhatikan makanan apa saja yang menyebabkan gas berlebih di perut. Batasi asupan susu maupun produk olahan susu, dan udara yang dimasukkan ke saluran cerna. Jika ada makanan yang memproduksi gas, hindari sampai gejala mereda. Sorbitol dan fruktosa sebaiknya dihindari sebagai percobaan pertama untuk mengurangi produksi gas.
  • Jika metode di atas tidak berhasil, pendekatan yang lebih ketat adalah dengan memulai jenis makanan dalam jumlah yang teratas, lalu menambahkan jenis makanan lainnya setiap 48 jam supaya dapat menentukan makanan apa yang memproduksi gas berlebih. Jika makanan tersebut telah ditemukan, maka orang tersebut mampu menghindari makan makanan tersebut.
  • Jika intoleransi laktosa merupakan kondisi yang dijadikan masalah, hindari semua produk olahan susu maupun susu dari asupan makanan selama 10-14 hari untuk mengontrol flatulensi. Enzim laktase, yang mencerna laktosa, tersedia dalam bentuk cair dan tablet tanpa perlu resep dokter (Lactaid, Lactrase, Dairy Ease). Menambahkan beberapa tetes cairan laktase ke dalam susu sebelum diminum atau mengunyah tablet laktase segera sebelum makan membantu mencerna makanan yang mengandung laktosa. Selain itu, banyak produk susu yang mengandung sedikit-laktosa (Lactaid, Dairy Ease).
  • Jika masalahnya adalah kentut berbau, ada beberapa laporan yang berhasil menyatakan bahwa kondisi ini bisa diatasi dengan menggunakan pakaian filter charcoal.
  • Jika masalahnya adalah bersendawa, hindari perilaku yang menyebabkan menelan udara, seperti makan permen karet atau makan permen keras. Makan dengan perlahan-lahan. Pastikan gigi Anda memang tertutup dan oklusi dengan benar.
  • Secara umum, menghindari makan berlebihan karena memberikan kontribusi untuk perut kembung serta obesitas. Batasi makanan tinggi lemak untuk mengurangi kembung dan ketidaknyamanan. Perut akan kosong lebih cepat, memungkinkan gas untuk pindah ke usus kecil.

Pengobatan mandiri di rumah mungkin bisa atau mungkin tidak menyembuhkan atau menghilangkan flatulensi yang kronis, meningkat, konstan atau ekstrem. Pada beberapa orang, pengobatan rumah dapat membantu mengurangi gejala. Individu sebaiknya mengonsultasikan pengobatan mandiri di rumah ini kepada dokter.

Flatulens/Perut Kembung – Halaman Selanjutnya : 1   2   3   4   5   6   7   8   9   10   11

DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi