Biang Keringat – Pengobatan Mandiri

doktersehat-cuci-tangan
pic credit: peapod labs

Pencegahan biang keringat adalah pengobatan terbaik untuk biang keringat. Hindari lingkungan yang panas dan berlindung di lingkungan yang lebih sejuk. AC, kipas angin berosilasi, dan membatasi aktivitas fisik di lingkungan yang panas dapat membantu mencegah biang keringat.

Pengobatan rumah untuk mengobati biang keringat meliputi mencuci daerah yang terkena dengan sabun ringan dan membilas daerah tersebut, kemudian dengan lembut mengeringkan daerah tersebut. Kenakan pakaian yang memungkinkan kulit “bernapas” di lingkungan yang panas. Tetap terhidrasi dan minum banyak air untuk mencegah dehidrasi di lingkungan yang panas. Perawatan medis mungkin diperlukan jika biang keringat tidak sembuh dengan pengobatan mandiri di rumah.

Pengobatan mandiri di rumah
Kebanyakan biang keringat sembuh tanpa perawatan, seringkali dalam sehari setelah berubah ke lingkungan yang lebih dingin.

Cara terbaik untuk mencegah biang keringat adalah dengan menghindari berkeringat dengan tetap berada di daerah yang lebih dingin, menggunakan kipas angin dan membatasi aktivitas fisik.

Langkah-langkah perawatan diri berikut dan pengobatan berikut dapat membantu dengan biang keringat.

Langkah pertama: Langkah pertama dalam mengobati biang keringat adalah dengan mencuci daerah yang terkena dengan sabun lembut, misalnya sabun bayi. Selanjutnya, bilas area dengan air dan tepuk lembut dengan handuk. Dianjurkan untuk mencuci beberapa kali sehari, terutama setelah berolahraga, berjalan lama, berkeringat banyak, atau terpapar panas.

  • Tetap di lingkungan yang sejuk dan biarkan ventilasi yang adekuat pada kulit.
  • Mandi
  • Istirahat di kamar ber-AC pada suhu 21oC sampai 22o Jika tidak ada AC tersedia di rumah, masuk ke pusat perbelanjaan yang ber-AC, toko kelontong, bioskop, lobi hotel, dll.
  • Hindari kontak kulit-ke-kulit dengan cara menempatkan kain lap bersih atau bahan sejuk di antara lipatan kulit seperti di bawah payudara atau perut.
  • Oleskan paket es dingin di area yang terkena (jangan tempelkan lebih dari 20 menit per jam).
  • Oleskan krim kortison ringan seperti krim hidrokortison (cortaid) atau resep cortison seperti triamcinolone (triesence, trivaris intravitreal) dapat membantu untuk biang keringat yang tidak sembuh dengan cara-cara di atas atau justru biang keringat berubah menjadi eksim/ radang kulit yang memberat. Jika perlu, oleskan krim ini dua kali sehari. Untuk area radang yang luas, Anda harus menghubungi profesional perawatan kesehatan Anda.
  • Antihistamin oral, seperti diphenhydramine (benadryl), dapat membantu mengurangi gatal, sebagian besar dengan cara sedasi (membuat kantuk) yang terkait efek samping obat antihistamin ini.
Biang Keringat – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4 5