Kanker Prostat – Pengobatan

doktersehat-pria-skrotum-penis-masalah-kelamin-Pembesaran-Prostat-Jinak-gatal-hematuria-scrotoplasty-kanker-prostat-infeksi-menular-seksual

Pengobatan untuk kanker prostat dilakukan dengan beberapa cara. Tidak ada pilihan tunggal yang tepat untuk setiap orang dengan kanker prostat. Beberapa tumor tumbuh sangat lambat atau tidak sama sekali, sehingga Anda mungkin tidak perlu melakukan pengobatan. Pada beberapa kasus, kanker prostat juga dapat diobati dengan melakukan terapi.

Seperti diketahui, tumor lainnya tumbuh lebih cepat dan menyebar ke berbagai tempat di tubuh Anda. Pada kasus ini, Anda dan dokter akan bekerja sama untuk memutuskan apa yang terbaik untuk tubuh.

Pengobatan yang Anda butuhkan akan tergantung pada beberapa hal ini:

  • Usia, kesehatan, dan gaya hidup.
  • Seberapa serius kanker prostat (seberapa besar tumor dan sebarannya dalam tubuh).
  • Pikiran (dan pendapat dokter Anda) tentang kebutuhan untuk mengobati kanker.
  • Efek samping yang ditimbulkan.
  • Kesempatan bahwa pengobatan akan membantu atau menyembuhkan kanker.

Sementara itu, pengobatan kanker prostat yang paling umum adalah:

  • Menunggu dengan waspada

Jika Anda memiliki tumor yang bertumbuh lambat dan kecil, Anda dan dokter dapat memutuskan untuk membiarkan dahulu penyakit Anda dengan tetap melakukan observasi. Anda perlu memeriksa kadar PSA (prostate-specific antigen) secara rutin yang diambil melalui pemeriksaan darah, tes colok dubur, ultrasound, dan biopsi. Hal ini dilakukan untuk melihat apakah kanker makin parah. Jika mulai tumbuh atau menyebar, Anda dapat melakukan perawatan lainnya.

  • Operasi

Ini adalah pilihan jika Anda sehat dan kanker Anda belum menyebar. Ada beberapa jenis operasi. Dokter dapat hanya mengambil kelenjar prostat saja atau juga mengambil jaringan di sekitarnya. Efek samping yang paling umum dari operasi ini adalah masalah pengendalian urine dan kesulitan mendapatkan atau mempertahankan ereksi. Kadang-kadang masalah tersebut hilang dengan sendirinya setelah operasi, terutama masalah pengendalian kandung kemih. Bicaralah dengan dokter bedah terlebih dahulu untuk berkonsultasi tentang efek samping ini.

  • Vaksin kanker

Vaksin kanker prostat digunakan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh guna menyerang sel-sel kanker. Perawatan ini bekerja baik jika Anda sudah mencoba terapi hormon dan tidak mendapatkan hasil yang maksimal. Vaksin dibuat secara individual untuk pasien. Para ilmuwan tidak tahu apakah vaksin dapat menghambat atau memperlambat pertumbuhan kanker, tapi tampaknya tujuannya lebih kepada membantu pasien hidup lebih lama dengan kanker prostat.

  • Pengobatan untuk tulang

Jika kanker mencapai tulang Anda, obat yang disebut bifosfonat dapat membantu meringankan rasa sakit. Dokter mungkin menyarankan obat yang diberikan dalam pembuluh darah Anda untuk mengirimkan radiasi langsung ke tulang.

Kanker Prostat – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10