Dehidrasi – Penggantian Cairan dan Pengobatan

doktersehat-sakit-infus-tangan
Photo Credit: Attila Malarik

Pengobatan di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) pertama-tama memulihkan volume dan elektrolit cairan (darah), dan mengobati gejala yang mengancam jiwa dan juga mencoba untuk mencari penyebab dehidrasi.

Jika suhu tubuh inti diukur dengan suhu rektum, individu yang terkena lebih besar dari 1040F (400C), dokter akan mendinginkan seluruh tubuh penderita dehidrasi. dokter juga dapat meningkatkan pendinginan oleh penguapan dengan kipas angin atau selimut pendingin dan bak mandi.

Penggantian cairan penderita dehidrasi sedang sampai berat

  • Jika tidak ada mual dan muntah, penggantian cairan mungkin dimulai secara oral untuk beberapa pasien penderita dehidrasi sedang. Pasien diminta minum elektrolit atau karbohidrat yang mengandung cairan
  • Namun, jika ada tanda-tanda dehidrasi sedang sampai berat (peningkatan denyut jantung ketika sedang berisitrahat diikuti tekanan darah rendah), cairan umumnya diberikan melalui infus.

Jika kondisi pasien cukup membaik (kebanyakan gejala berhenti) di ruang IGD, pasien dapat diantar pulang dan sebaiknya dalam perawatan teman atau keluarga. Namun biasanya, pasien yang mengalami dehidrasi sedang tidak cukup membaik seketika di IGD.

Jika pasien tetap mengalami dehidrasi, bingung, demam, memiliki tanda vital yang tidak normal, atau tanda-tanda infeksi, kemungkinan besar mereka akan dirawat di rumah sakit untuk mendapatkan pengobatan tambahan.

Acetaminophen seperti Tylenol atau ibuprofen seperti Advil, dapat diberikan melalui oral jika orang yang terkena tidak muntah atau sebagai supositoria dubur jika mereka tidak dapat mengonsumsi apapun melalui mulut.

Mengobati Dehidrasi

Jika demam adalah penyebab dehidrasi, penggunaan acetaminophen seperti Tylenol atau ibuprofen seperti Advil, dapat digunakan. Obat ini dapat diberikan melalui mulut jika pasien tidak muntah atau sebagai supositoria rektum jika pasien tidak dapat mengonsumsi apapun melalui mulut.

Cairan intravena (IV) dan obat IV melalui infus, termasuk beberapa obat yang termasuk elektrolit atau obat yang membantu menormalisasi kadar elektrolit sering digunakan. Obat-obatan IV lainnya mungkin perlu digunakan untuk mengobati penyebab dehidrasi, misalnya antibiotik intravena untuk dehidrasi yang disebabkan oleh infeksi.

Dehidrasi – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4 5 6 7