Sleep Apnea – Pengobatan dan Alat Kesehatan

alat-bantu-sleep-apnea
Photo Credit: Rachel Tayse

Tidak ada obat khusus atau pengobatan alami untuk mengobati sleep apnea. Namun, penting untuk dicatat bahwa obat untuk kondisi mendasar yang berkontribusi terhadap sleep apnea sangat penting untuk pengelolaan yang memadai.

Telah ada penyelidikan beberapa obat untuk pengobatan apnea tidur obstruktif atau sentral, namun saat ini tidak ada data konklusif yang ada untuk menggantikan terapi konvensional dengan alat medis yang dibahas di bawah ini.

Satu obat, modafinil (Provigil), telah disetujui oleh Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat, untuk digunakan sebagai terapi tambahan untuk orang dengan gejala sleep apnea siang hari yang persisten meskipun ada pengobatan konvensional yang adekuat. Obat ini dapat membantu kantuk di siang hari pada pasien sleep apnea; Namun, ini bukan pengganti CPAP atau modalitas lainnya.

Pengobatan sementara untuk hidung tersumbat atau penyebab reversibel dan transien lainnya mungkin juga bermanfaat bila diperlukan.

Alat Kesehatan untuk Sleep Spnea

CPAP dan NIPPV
Seperti dijelaskan di atas, CPAP atau tekanan udara positif yang kontinu adalah batu penjuru pengobatan apnea tidur obstruktif dan kebanyakan kasus sleep apnea sentral. Ini adalah mesin pernapasan yang mendorong udara masuk ke saluran udara dengan intensitas dan tekanan yang dapat diatur. Mesin sleep apnea ini memiliki tubing yang terhubung dengan masker yang diletakkan di hidung pasien (nasal CPAP) dan diperkuat dengan tali di belakang kepala. Topeng hidung datang dalam berbagai ukuran dan dapat dipasang secara terpisah. Tekanan saluran napas ditentukan berdasarkan data dari polisomnogram dan dapat disesuaikan atau dititrasi sesuai kebutuhan. Tekanan dasarnya membantu menjaga agar saluran udara tetap terbuka, mengurangi episode apnea dan hypopnea, dan memperbaiki oksigenasi dengan terus menyediakan udara.

Masalah utama dengan CPAP adalah kepatuhan pasien. Mesin dan masker bisa mengganggu, besar, dan membatasi; Dengan demikian, pasien mungkin tidak memakainya semalaman atau setiap malam.

Untuk beberapa pasien dengan sleep apnea sentral, alat ventilasi tekanan positif noninvasif (NIPPV) mungkin lebih bermanfaat daripada CPAP. Perbedaannya adalah perangkat NIPPV dapat diatur untuk memberikan back-up kecepatan pernapasan pada individu yang memiliki apnea tidur sentral karena hipoventilasi (bernapas kurang dari kecepatan normal) sehingga menjamin bahwa jumlah napas minimal diambil terlepas dari dorongan pernafasan pasien sendiri.

Perangkat Mulut dan Alarm Tidur

Perangkat mulut atau oral juga tersedia untuk sleep apnea. Secara umum, peralatan oral ini dibuat untuk menjaga jalan napas oral terbuka dengan memunculkan rahang ke depan, dan mencegah lidah terjatuh di belakang tenggorokan dan menyebabkan keterbatasan aliran udara. Beberapa penelitian telah menunjukkan manfaat klinis dengan alat mulut ini pada apnea tidur obstruktif ringan sampai sedang (namun tidak parah) dengan mengurangi indeks apnea-hypopnea. Cara terbaik adalah memiliki perangkat oral yang dibuat oleh dokter gigi yang terlatih khusus untuk pemasangan dan penyesuaian yang memadai.

Studi yang membandingkan alat CPAP dengan perangkat mulut untuk sleep apnea telah menemukan peningkatan tidur yang lebih obyektif berdasarkan data polisomnografi menggunakan mesin CPAP dibandingkan dengan perangkat oral. Namun, data subjektif (kualitas tidur dan perbaikan gejala siang hari yang dilaporkan oleh pasien) lebih menyukai perangkat oral.

Bantalan pas khusus untuk pasien dengan sleep apnea juga telah dipelajari. Bantal ini bekerja dengan mengekstensikan (meregangkan) leher dan punggung, sehingga meningkatkan luas saluran napas oral dan mengurangi tingkat obstruksi. Saat ini, data yang tersedia gagal untuk secara meyakinkan mendukung penggunaan efektivitanya; Namun, beberapa penelitian menyarankan bahwa bantal apnea tidur ini bermanfaat pada apnea tidur obstruktif ringan berdasarkan laporan subjektif dan studi tidur semalam. Umumnya tidak disarankan menggunakan bantal ini untuk sleep apnea sedang atau berat atau sebagai pengganti CPAP.

Alarm Apnea kadang-kadang digunakan pada kasus sleep apnea sentral pada bayi. Alarm ini memantau episode apnea dan membuat suara saat apnea dirasakan. Suara membangunkan anak (dan orangtua) digunakan untuk melanjutkan pernapasan normal. Sebagian besar bayi dapat melewati masalah ini seiring bertambah usia, dan penggunaan alarm dihentikan pada bayi sudah tidak mengalami sleep apnea.

Sleep Apnea – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4 5 6 7 8