10 Manfaat Bawang Dayak untuk Kesehatan

bawang-dayak-doktersehat
Source: twitter/bawangdayak

DokterSehat.Com – Bawang dayak atau yang juga dikenal dengan nama bawang tiwai dan bawang sabrang adalah jenis bawang yang dibudidadayakan di Pulau Kalimantan. Nama bawang Dayak diberikan berdasarkan nama Suku Dayak yang merupakan salah satu suku yang ada di Kalimantan. Suku Dayak mengambil manfaat bawang dayak untuk mengobati berbagai penyakit.

Jika dilihat dari segi penampilan, bawang Dayak tidak berbeda jauh dari bawang merah, namun bentuknya memang terlihat lebih lonjong dibandingkan dengan bawang merah. Ciri lain yang dapat membedakan tanaman bawang Dayak dengan bawang merah adalah bunganya yang cantik berwarna putih.

Manfaat Bawang Dayak bagi Kesehatan

Manfaat bawang Dayak bagi kesehatan didapatkan dari kandungan zat kimia alami seperti alkaloid, steroid, flavonoid, glikosida, tanin, felonik, dan zat lainnya yang berkhasiat bagi kesehatan.

Penasaran dengan manfaat bawang Dayak bagi kesehatan tubuh? Simak penjelasannya berikut ini:

1. Antikanker

Manfaat bawang Dayak yang pertama adalah mampu menjadi agen antikanker. Bawang Dayak mengandung senyawa bermana naphtokuinones dan banyak senyawa lainnya yang mampu bekerja untuk menurunkan aktivitas dari sel Cyclin-E. Dengan menurunnya aktivitas dari sel tersebut, maka akan dapat memicu hancurnya sel kanker.

Terdapat juga penelitian yang menunjukkan bahwa khasiat bawang Dayak secara signifikan dapat menurunkan ekspresi Cyclin-E galur sel kanker serviks uteri HeLa. Hal ini membuktikan bahwa bawang Dayak bisa menjadi salah satu obat alternatif untuk kanker serviks. Namun masih dibutuhkan studi lebih lanjut untuk penemuan tersebut.

2. Mengontrol tekanan darah

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan penyakit yang sangat umum ditemui dan bisa menyerang siapa saja. Manfaat bawang Dayak selanjutnya adalah mampu untuk menurunkan tekanan darah. Hal ini disebabkan karena adanya senyawa bernama alisin dalam bawang Dayak. Alisin diklaim memiliki kemampuan untuk menurunkan kekentalan darah serta tekanan darah. Selain itu, bawang dayak juga diketahui memiliki sifat diuretik.

3. Mengobati batu ginjal

Manfaat bawang Dayak untuk kesehatan selanjutnya adalah dapat menjadi salah satu obat penyakit batu ginjal. Hal ini disebabkan karena kegunaan bawang dayak juga mampu menurunkan pH urine serta menurunkan kadar kalsium, kemampuan ini bisa membantu proses penghancuran dan pengeluaran batu ginjal. Sifat diuretik juga memiliki peran dalam proses yang satu ini.

4. Menurunkan kadar gula darah

Khasiat bawang Dayak selanjutnya adalah mampu untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Beberapa senyawa dalam bawang Dayak yang berperan untuk menurunkan kadar gula darah antara lain adalah flavonoid, glikosida, alkaloid, dan juga saponin. Kegunaan bawang Dayak yang satu ini membuat bawang dayak cocok untuk dijadikan salah satu obat alternative untuk penderita diabetes.

5. Mencegah jantung koroner

Manfaat bawang Dayak untuk kesehatan tidak hanya untuk mengobati penyakit serius seperti yang sudah disebutkan di atas, tetapi khasiat bawang Dayak juga bisa dijadikan sebagai obat pencegahan penyakit. Salah satu penyakit serius yang bisa dicegah oleh bawang Dayak adalah penyakit jantung koroner. Kandungan senyawa felonik dalam bawang Dayak adalah yang bisa membantu mencegah penyakit yang satu ini.

6. Agen antiinflamasi

Sebagai agen anti-inflamasi atau antiradang, manfaat bawang Dayak ampuh untuk menyembuhkan berbagai penyakit yang disebabkan oleh peradangan. Beberapa penyakit yang bisa diobati dengan bawang Dayak adalah seperti radang sendi, amandel, hepatitis, dan penyakit akibat peradangan lainnya. Senyawa yang berperan sebagai antiradang adalah flavonoid.

7. Menangkal radikal bebas

Khasiat bawang Dayak selanjutnya adalah untuk menangkal radikal bebas. Banyaknya radikal bebas yang menyerang tubuh bisa meningkatkan risiko tubuh untuk terserang berbagai penyakit. Kandungan senyawa antosianin dalam bawang Dayak mampu untuk menangkal radikal bebas tersebut. Hasilnya tubuh pun menjadi lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

8. Perawatan kulit

Manfaat bawang Dayak untuk kesehatan selanjutnya adalah untuk kesehatan kulit. Kecantikan kulit berasal dari kulit yang sehat, jadi sangatlah penting untuk menjaga kesehatan kulit demi mendapatkan kulit cantik. Berbagai senyawa dalam bawang Dayak mampu untuk mencerahkan wajah dan mencegah timbulnya bintik hitam pada wajah.

Kegunaan bawang Dayak untuk kesehatan bisa Anda dapatkan dengan cara dibuat manisan. Dikeringkan, atau dikemas dalam bentuk bubuk. Khasiat bawang Dayak memang sangat banyak dan cukup menggiurkan, tapi jangan konsumsi bawang dayak secara berlebihan. Jika penyakit Anda cukup serius, lebih baik konsultasikan dulu dengan dokter sebelum menggunakan obat herbal yang satu ini.

9. Meningkatkan metabolisme

Kandungan alkaloid dalam bawang Dayak membantu meningkatkan sistem metabolisme di dalam tubuh kita, dan membantu sistem pencernaan. Salain itu khasiat bawang Dayak juga bisa mencegah infeksi usus, konstipasi, dan masalah ginjal.

10. Bagus untuk sistem reproduksi wanita

Flavanoid dan saponin di dalam bawang Dayak memiliki peran besar untuk melindungi sistem reproduksi wanita. Khasiat bawang dayak untuk wanita, di antaranya untuk mencegah keputihan, siklus menstruasi yang teratur, dan mengurangi dismenore (kram menstruasi).

Cara Mengolah dan Mengonsumsi Bawang Dayak

Bagian dari tanaman bawang Dayak yang dikonsumsi dan berkhasiat sebagai obat herbal adalah seluruh bagian tanaman yaitu mulai dari umbi, akar dan daun. Bawang Dayak dapat dikonsumsi dalam keadaan masih segar, diseduh seperti teh, atau diproses terlebih dahulu menjadi bubuk dan kapsul atau dijadikan manisan. Cara mengolah tanaman obat herbal khas Kalimantan ini terdiri dari empat macam, antara lain; simplisia (bahan alami untuk obat), bubuk, instan dan manisan.

Selengkapnya simak cara mendapatkan manfaat bawang Dayak dengan mengolahnya untuk berbagai pengobatan berikut ini:

1. Cara mengonsumsi bawang Dayak untuk pengobatan

Manfaat bawang Dayak bisa diperoleh dengan mengonsumsi dalam keadaan segar untuk pengobatan. Caranya; Siapkan 3-4 bawang Dayak yang telah dicuci bersih, lalu diiris tipis dan diseduh dengan 1 gelas air mendidih (200 ml). Diminum selagi hangat 2-3 kali sehari.

2. Cara membuat simplicia bawang Dayak

Siapkan bawang Dayak yang telah dicuci bersih. Kemudian dipotong/diiris tipis-tipis dan dikeringkan menggunakan oven pada suhu 50 °C selama sekitar 8 jam. Atau dijemur di bawah terik matahari hingga benar-benar kering. Setelah kering, simplicia bawang Dayak dikemas dan disimpan dengan rapi. Cara mengonsumsinya adalah dengan menyeduh simplicia bawang Dayak dengan air mendidih terlebih dahulu lalu diminum selagi hangat untuk mendapatkan khasiat bawang merah yang menyehatkan.

3. Cara membuat bubuk bawang Dayak

Sama seperti cara yang sebelumnya, siapkan bawang Dayak yang telah dicuci bersih. Kemudian dipotong/diiris tipis-tipis dan dikeringkan menggunakan oven pada suhu 50 °C selama sekitar 8 jam. Atau dijemur di bawah terik matahari hingga benar-benar kering. Kemudian didinginkan dan dihaluskan (ditumbuk). Sebelum membungkus bubuk bawang Dayak, terlebih dahulu diayak. Cara mengonsumsinya yaitu dengan menyeduh bubuk bawang Dayak dengan air mendidih, biarkan menjadi hangat lalu diminum.

4. Cara membuat kapsul bawang Dayak

Sebenarnya ini merupakan cara mengawetkan dengan praktis untuk mendapatkan manfaat bubuk bawang Dayak. Langkah pertama untuk membuat kapsul bawang Dayak adalah sama dengan membuat bubuk bawang Dayak. Kemudian bubuk bawang Dayak disimpan atau dimasukkan ke dalam kapsul. Bentuk kapsul lebih praktis untuk mengonsumsinya dan lebih aman dalam penyimpanan, seperti halnya mengonsumsi obat pada umumnya.

5. Cara membuat bawang Dayak instan

Siapkan bawang Dayak yang telah dicuci bersih, dan dipotong/ diiris tipis. Kemudian tambahkan air bersih dengan perbandingan 1: 2 (1 kilogram bawang Dayak dicampur dengan 2 liter air) ke dalam panci. Untuk mendapatkan kegunaan bawang Dayak, rebus hingga mendidih sambil diaduk dan tambahkan 1 kg gula (1 kg gula dan 1 kg bawang dayak). Selama proses mendidih itu diaduk terus menerus untuk membentuk kristal. Setelah kristal dingin, kristal Dayak dikemas dan disimpan atau dikonsumsi langsung (diseduh dengan air mendidih).

6. Cara membuat manisan bawang Dayak

Bawang Dayang dipotong/diiris tipis dengan ketebalan antara 1-2 mm. Siapkan 1 kg gula dan diencerkan dengan 1 liter air. Kemudian rebus bawang Dayak sekitar 5 menit, masukkan larutan gula sambil diaduk, masak sampai kental atau kering (sampai terbentuk kristal gula). Manisan bawang dayak siap dikonsumsi.

Nah, demikian manfaat bawang Dayank yang memiliki khasiat melimpah untuk kesehatan Anda. Selamat mencoba, Teman Sehat!