7 Cara Mengobati Amandel secara Alami dan Pencegahannya

cara-mengobati-amendel-doktersehat

DokterSehat.Com – Selain pengobatan secara medis, cara mengobati peradangan pada amandel juga dapat dilakukan secara alami di rumah. Sebelum mengetahui pengobatan peradangan amandel yang alami, terlebih dulu cari tahu apa itu peradangan amandel atau yang dalam istilah medis disebut sebagai tonsilitis.

Tonsilitis adalah peradangan amandel, yaitu  dua bantalan jaringan yang berbentuk oval di bagian belakang tenggorokan, yang disebabkan oleh infeksi virus, tetapi infeksi bakteri juga menjadi penyebab munculnya radang pada amandel.

Sementara tanda dan gejala amandel termasuk pembengkakan amandel, kemerahan, sakit tenggorokan, kesulitan menelan, pembesaran kelenjar getah bening lunak di sisi leher, demam, dan sakit kepala. Jika mengalami salah satu atau semua gejala amandel, Anda dapat segera mencari obat amandel alami jika belum sempat ke Dokter.

Cara Mengobati Amandel yang Alami di Rumah

Selain hemat, obat alami peradangan amandel  ini mudah didapatkan dimana berfungsi untuk meredakan gejala  yang timbul ketika amandel sedang meradang. Berikut ini berbagai cara mengurangi gejala radang  amandel yang alami, antara lain:

1. Minum Cairan Hangat

Cara mengobati amandel yang pertama adalah dengan meminum cairan hangat, seperti sup, kaldu, dan teh, yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan akibat peradangan amandel.

Teh herbal hangat yang mengandung bahan-bahan seperti pektin, gliserin, atau ditambahkan madu dapat membantu meredakan gejala, karena bahan-bahan ini dapat melindungi selaput lendir di mulut dan tenggorokan, yang dapat menenangkan iritasi.

Namun, masih diperlukan penelitian tentang manfaat teh herbal yang dapat membantu mengobati gejala radang amandel.

2. Berkumur Air Garam

Meski terasa asin, cara meredakan peradangan  amandel dengan air garam dapat mengurangi rasa sakit sementara atau meredakan perasaan gatal di belakang tenggorokan.

Anda dapat mencampurkan seperempat sendok teh garam ke dalam 1 gelas air hangat, lalu aduk sampai larut. Kemudian berkumurlah dengan cara menengadah selama beberapa detik sebelum meludahkannya.

Cara meredakan gejala radang  amandel ini aman bila dilakukan sesering mungkin selama tidak menelan air garam ini. Namun, berkumur air garam tidak cocok untuk anak-anak karena berisiko menelan cairan atau bahkan tersedak.

3. Istirahat

Penderita amandel harus beristirahat sebanyak mungkin, karena cara mengobati amandel ini akan membantu tubuh melawan infeksi virus atau bakteri.

Tetap bekerja atau pergi sekolah tidak hanya akan meningkatkan kemungkinan penderita amandel sakit lebih lama, tetapi juga dapat membuat orang lain berisiko terkena infeksi penyebab amandel.

Baca juga: Radang Amandel – Penyebab, Gejala, dan Cara Mengobati

4. Humidifier

Jika mulut kering menyebabkan amandel, humidifier adalah alat pelembap ruangan yang dapat membantu meredakan sakit tenggorokan.

Udara kering dapat mengiritasi tenggorokan, dan pelembap dapat membantu meredakan ketidaknyamanan di tenggorokan. Cara menyembuhkan amandel yang satu ini sangat membantu, terutama ketika virus adalah penyebab amandel.

Gunakan alat pelembap saat diperlukan, terutama ketika tidur di malam hari, sampai amandel mereda.

5. Cuka Sari Apel

Jika mangalami batu amandel, berkumur dengan cuka sari apel dapat membantu memecahnya.

Cara membuat obat amandel alami ini mudah, Anda cukup mencampurkan 1 sendok makan cuka sari apel dengan 1 cangkir air hangat. Kemudian berkumurlah dengan menengadahkan kepala hingga tiga kali sehari untuk mengurangi batu amandel.

Perlu diingat, cara menyembuhkan amandel ini kemungkinan berisiko mengalami masalah pencernaan dan kerusakan pada gigi.

6. Kunyit

Kunyit diketahui memiliki sifat anti-inflamasi dan antiseptiknya yang kuat. Obat amandel alami ini juga dapat melawan infeksi radang amandel dan meredakan gejala iritasi.

Anda disarankan mencampurkan 1 cangkir air hangat dengan 1/2 sendok teh kunyit dan 1/2 sendok teh garam, lalu aduk hingga merata. Kemudian berkumur dengan menengadahkan kepala dengan campuran ini di pagi dan sore hari. Cara menyembuhkan amandel ini juga dapat dilakukan sebelum tidur, yang akan membantu menghilangkan peradangan dan rasa sakit.

Anda juga bisa mencampurkan satu sendok teh bubuk kunyit dan sejumput lada hitam ke dalam segelas susu hangat. Minumlah pada malam hari selama dua hingga tiga hari untuk mempercepat penyembuhan.

7. Kayu Manis

Selain kunyit dan cuka sari apel, kayu manis juga bisa dijadikan obat amandel alami tanpa operasi. Berkat sifat antimikroba yang melimpah, kayu manis dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme lainnya pada amandel dan membantu dapat mengurangi pembengkakan, rasa sakit dan peradangan.

Cara membuat obat amandel alami ini juga cukup mudah. Pertama tambahkan satu sendok teh bubuk kayu manis dan dua sendok teh madu ke dalam segelas air panas, aduk hingga tercampur. Kemudian minum sedikit demi sedikit selagi masih hangat. Minumlah ramuan ini dua atau tiga kali sehari selama seminggu.

Baca juga: 5 Bahaya Amandel Jika Tak Diobati atau Dioperasi

Pencegahan Amandel

Menghindari amandel menjadi meradang dapat dimulai dari diri sendiri dengan melakukan langkah-langkah pencegahan berikut ini:

1. Mencuci Tangan

Mencuci tangan dengan sabun dan menggunakan air yang mengalir secara rutin sehgabis beraktivitas adalah cara yang paling penting dalam mencegah penyebaran virus dan bakteri yang menjadi penyebab amandel.

2. Hindari Kontak dengan Penderita Radang Tenggorokan

Hindari kontak yang terlalu lama dengan siapa saja yang menderita radang tenggorokan dan belum pernah minum antibiotik setidaknya selama 24 jam.

Selain itu, jangan menggunakan peralatan atau barang lainnya yang bersentuhan oleh orang yang terinfeksi.

3. Minum Air yang Cukup

Disarankan minum air sebanyak 8 gelas  setiap hari untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Minum jus buah yang memiliki banyak vitamin C juga dapat membantu meningkatkan kekebalan alami tubuh untuk menangkal infeksi.

4. Menjaga Kebersihan Mulut dan Gigi

Pastikan menyikat gigi setiap habis makan dan sebelum tidur. Ganti sikat gigi setiap 3 hingga 6 bulan sekali. Gunakan pasta gigi fluoride dan obat kumur yang baik untuk membersihkan mulut secara menyeluruh dan menghindari amandel terinfeksi sehingga menimbulkan peradangan . Tentunya, Anda juga harus memeriksakan gigi rutin secara rutin.

5. Pola Makan yang Seimbang

Makan makanan yang sehat dapat memastikan bahwa sistem kekebalan tubuh Anda tetap kuat dan dapat berfungsi dengan baik untuk mencegah bakteri dan infeksi virus penyebab amandel.

Itulah cara mengobati peradangan amandel secara alami yang bisa Anda terapkan di rumah. Karena masih memerlukan penelitian lebih lanjut tentang khasiat obat alami ini, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu sebelum mencoba pengobatan yang telah dijelaskan di atas ya, Teman Sehat!

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Jati Satriyo

 

Sumber:

  1. Tonsillitis. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/tonsillitis/symptoms-causes/syc-20378479 (Diakses 18 September 2019)
  2. Lillis, Charlotte. 2019. How to treat tonsillitis symptoms at home. ttps://www.medicalnewstoday.com/articles/325961.php (Diakses 18 September 2019)
  3. Nall, Rachel. 2019. How to get rid of tonsil stones. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324778.php (Diakses 18 September 2019)
  4. Gotter, Ana. 2018. Home Remedies for Tonsillitis. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-tonsilitis#humidifiers (Diakses 18 September 2019)
  5. Wells, Diana. 2018. Everything You Need to Know to Remove and Prevent Tonsil Stones at Home. https://www.healthline.com/health/tonsil-stones-home-remedy (Diakses 18 September 2019)
  6. Saha, Anandi. 2018. 5 Effective Home Remedies For Tonsils. https://food.ndtv.com/health/5-effective-home-remedies-for-tonsils-1631116 (Diakses 18 September 2019)
  7. Understanding Tonsillitis — Diagnosis and Treatment. https://www.webmd.com/oral-health/understanding-tonsillitis-treatment#1 (Diakses 18 September 2019)