Hal yang Bisa Menjadi Penghambat Saat Menurunkan Berat Badan

doktersehat-timbangan-berat-badan-diet

DokterSehat.Com– Ada banyak macam usaha yang dilakukan oleh seseorang dalam menurunkan berat badan. Mulai dari mengurangi konsumsi makanan berlemak dan berkalori tinggi, berolahraga secara teratur, hingga mencoba berbagai macam metode diet ketat. Hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Namun, seringkali usaha yang mereka lakukan tidak membuahkan hasil. Alih-alih berat badan bisa berkurang, tapi justru malah semakin naik. Berikut adalah beberapa hal yang menghalangi Anda dalam menurunkan berat badan, diantaranya:

1. Olahraga tidak Diimbangi Dengan Makan Sehat

Olahraga memang berperan penting dalam proses penurunan berat badan. Olahraga sendiri berfungsi untuk membakar lemak dan kalori di dalam tubuh. Walaupun olahraga bisa membakar kalori, bukan berarti Anda bisa mengonsumsi makanan mengandung kalori tinggi sebanyak yang Anda mau. Sebab, olahraga yang tidak diimbangi dengan makan sehat akan menghalangi usaha Anda dalam menurunkan berat badan. Untuk itu, jangan lupa untuk selalu mengonsumsi makanan sehat selama diet.

2. Makan Lebih dari 6 Kali Sehari

Makan dengan jumlah yang sangat banyak juga bisa menghalangi Anda dalam menurunkan berat badan. Ada banyak ahli kesehatan menyarankan untuk makan dalam porsi kecil tapi sering, sekitar 5 hingga 6 kali sehari. Namun, bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, sebaiknya jangan mengikuti aturan tersebut. Pasalnya, makan hingga 6 kali sehari bisa memicu produksi hormon insulin yang bisa menyebabkan kadar gula darah menjadi naik. Selain itu, insulin juga bisa menyimpan lemak dalam tubuh yang akhirnya membuat berat badan mengalami kenaikan.

3. Mengonsumsi Jenis Makanan Khusus Diet

Terkadang, saat Anda sedang dalam proses penurunan berat badan, Anda akan lebih berhati-hati dalam memilih jenis makanan yang akan dikonsumsi. Tak jarang pula Anda akan memilih makanan yang berlabel diet. Mulai sekarang, sebaiknya Anda jangan tertipu dengan kemasan makanan atau minuman seperti itu, sebab biasanya mereka akan menghilangkan kandungan gula dan menggantinya dengan pemanis buata. Seperti yang Anda tahu bahwa pemanis buatan dapat meningkatkan nafsu makan dan membuat perut mudah merasakan lapar.