Terbit: 28 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kulit jeruk merupakan salah satu bahan alami yang mengandung beragam vitamin dan mineral penting bagi kulit. Tidak heran jika kulit jeruk kerap digunakan dalam beragam perawatan kulit. Nah, selain menggunakan produk-produk yang mengandung ekstrak kulit jeruk, ternyata Anda juga dapat memanfaatkan kulit jeruk yang dapat di rumah dengan mudah. Apalagi bahan satu ini dikenal ampuh membantu menjadikan kulit wajah lebih bersih dan tampak bercahaya.

Ragam Cara Penggunaan Kulit Jeruk untuk Mendapatkan Kulit Bercahaya

1. Masker Madu dan Yoghurt

Dilansir dari laman Fashion Lady, Anda dapat memanfaatkan kulit jeruk sebagai masker wajah khusus untuk kulit kering. Jenis kulit satu ini sangat rentan mengalami sejumlah masalah sekaligus kerap terlihat kusam. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mengembalikan kelembapan sekaligus menjadikan kulit bercahaya dengan mengombinasikan beberapa bahan. Anda cukup mencampurkan bubuk kulit jeruk dengan madu dan yoghurt hingga teksturnya menjadi lebih kental. Aplikasikan pada area wajah dan diamkan selama 10-15 menit. Bilas menggunakan air dingin.

2. Masker Oatmeal

Berbeda lagi dengan Anda yang memiliki masalah dengan kulit berjerawat dan bekas jerawat. Kulit jeruk yang mengandung vitamin C akan membantu mempercepat penyembuhan jerawat meradang. Sedangkan campuran oatmeal dan tea tree oil akan membantu mengangkat kotoran yang tersumbat di pori-pori kulit sekaligus mengangkat sel kulit mati. Jadi, jangan kaget jika masker satu ini mampu menjadikan wajah lebih bercahaya, terasa lebih segar dan bebas dari jerawat.

3. Masker Susu

Memiliki masalah kulit berminyak memang kerap membuat Anda frustasi. Kendati demikian, jangan putus asa dahulu. Anda dapat mencampurkan kulit jeruk dengan susu dan beberapa sendok minyak kelapa murni. Kombinasi bahan-bahan tersebut mampu menyerap kelebihan sebum yang ada. Apalagi, kandungan susu dan minyak kelapa juga menjadikan kulit terasa lebih lembap dan kencang.

Beberapa masker dari kulit jeruk di atas sangat mudah untuk dibuat. Apalagi bahan-bahan pelengkapnya pun biasa digunakan sehari-hari. Kendati demikian, gunakan masker tersebut secara rutin agar hasilnya lebih optimal.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi