Bosan Sarapan Telur, Ini 4 Pilihan Penggantinya yang Tetap Praktis!

Photo Credit: Flickr.com/rob_rob2001
Photo Credit: Flickr.com/rob_rob2001

DokterSehat.Com– Apa menu sarapan yang sering Anda konsumsi? Menu makanan saat sarapan tentu adalah menu yang mudah dibuat, namun tetap mampu memenuhi kebutuhan gizi saat awal hari, ya.

Salah satu jenis zat gizi yang penting untuk dipenuhi kebutuhannya di pagi hari, adalah protein.

Telur sebagai pilihan lauk hewani praktis saat sarapan

Lazimnya, protein kita olah sebagai lauk saat sarapan dan salah satu lauk protein yang menjadi favorit saat sarapan, adalah telur.

Ya, telur menjadi salah satu makanan berprotein yang sangat praktis. Bahkan, berbagai menu sarapan sudah sangat khas disajikan dengan telur, misalnya saja roti dengan telur goreng, sajian urik telur, atau telur rebus dengan menu khas sarapan lainnya.

doktersehat-sarapan-makan-gizi-sehatTelur memang merupakan menu makanan berprotein yang mudah diolah dalam berbagai metode masak dan juga mampu memberikan asupan energi, protein, vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Akan tetapi, masih ada banyak lho pilihan lauk hewani yang bisa kita konsumsi sebagai pengganti telur saat sarapan.

Pilihan lauk hewani praktis selain telur

Penasaran apa saja bahan makanan alternatif pengganti telur yang bisa kita pilih saat sarapan? Yuk sama-sama kita simak apa saja bahan makanan berprotein hewani yang tetap sehat dan bisa menggantikan telur saat sarapan, di bawah ini!

1. Ikan

Ikan merupakan salah satu lauk hewani yang super sehat. Kandungan protein yang tinggi dan lemak jahat yang rendah, membuat ikan menjadi makanan protein hewani yang banyak dianjurkan.

manfaat-ikan-teri-doktersehat
Photo Credit: flickr/ John Lodder

Agar konsumsi ikan saat sarapan bisa lebih praktis, Anda bisa memilih ikan yang telah disimpan atau disiapkan sebelumnya, misalnya memilih ikan kering atau ikan asap. Dengan begitu, menu sarapan Anda tetap praktis dan sehat, bukan?

2. Nugget daging buatan sendiri

Berbagai olahan makanan dari daging memang sangat memudahkan kita dalam menyiapkan menu sarapan. Tak ayal, kini kita dapat dengan mudah memperoleh olahan daging siap saji misalnya sosis, atau nugget.
doktersehat-nuggetMeskipun tidak berbahaya jika dikontrol porsinya, akan lebih baik jika Anda memilih nugget buatan sendiri untuk menu saat sarapan.

Anda bisa mempersiapkan sebelumnya dan menyimpan nugget siap goreng dalam suhu beku 2-3 hari sebelum disajikan. Hal ini akan sangat baik untuk menekan asupan natrium yang tinggi, yang biasanya ada pada nugget kemasan.

3. Keju

Sama-sama merupakan makanan sumber protein hewani, keju tentu bisa menjadi bahan makanan pengganti telur yang super praktis, bukan? Anda bisa menggantikan kebutuhan protein hewani awal hari dengan konsumsi keju dalam porsi yang cukup.

keju-doktersehat
Photo Credit Flickr.com/Sasa Pahic Szabo

Berbagai menu sarapan juga umumnya cocok ditambahkan dengan parutan atau lelehan keju.Tidak hanya enak, Anda juga akan mendapatkan ekstra asupan kalsium.

Nah, agar manfaat konsumsi keju saat sarapan bisa lebih maksimal, pilih jenis keju yang rendah lemak untuk menu sarapan Anda, ya.

4. Susu

Meskipun susu merupakan minuman, namun Anda bisa memanfaatkannya sebagai bagian dari menu makanan utama.
doktersehat-sereal-gula-susuCaranya tentu dengan menjadikan susu sebagai campuran sereal atau oatmeal Anda saat sarapan. Asupan protein hewani Anda tentu bisa dengan mudah terpenuhi melalui penggunaan susu sebagai campuran sarapan sehat, Anda bukan?

Nah, itu dia 4 jenis makanan berprotein hewani yang bisa kita gunakan sebagai alternatif pengganti telur yang tetap praktis dan sehat untuk sarapan.

Anda tentu bisa memilih bahan makanan di atas sebagai pilihan lauk hewani saat sarapan, hal ini tentu juga akan sangat baik untuk mendukung asupan gizi yang beragam dalam tubuh, ya.