Bukan Produk Susu, Ganti Susu Kental Manis dengan 4 Jenis Susu Sehat Ini!

kandungan-susu-kental-manis-doktersehat

DokterSehat.Com– Belakangan ini, publik kembali ramai dengan polemik susu kental manis.

Hal ini disebabkan adanya edaran yang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan, atau BPOM RI, tentang susu kental manis yang tak lagi boleh menyebutkan kata susu pada label produknya.

Polemik susu kental manis ini, sebenarnya telah cukup lama mendapatkan perhatian publik dan kini kembali menjadi sorotan. Lantas, bagaimana kita harus menyikapinya?

Tidak dapat dipungkiri bahwa susu kental manis sudah sejak lama dianggap sebagai pengganti susu segar atau susu bubuk.Hal ini menciptakan anggapan dimana sangat wajar jika sebagian besar orang beranggapan, bahwa susu kental manis adalah susu yang juga layak dikonsumsi dengan cara diseduh.

Kini, setelah BPOM mengeluarkan edaran bahwa susu kental manis tidak lagi boleh divisualisasikan sebagai susu seduh, maka kita juga harus cermat dalam menggunakan dan mencari pengganti susu kental manis sebagai susu seduh.

Lalu, jika sudah terlanjur sering mengonsumsi susu kental manis sebagai susu seduh, harus bagaimana?

Nah, agar kita tidak lagi menggunakan susu kental manis sebagai susu seduh, maka cara paling jitu yang bisa dilakukan adalah mencari pengganti jenis susu yang lebih sehat.

Tidak perlu khawatir, susu kental manis tidak harus digantikan dengan susu bubuk yang harganya cenderung cukup mahal, Anda bisa mulai mengganti konsumsi susu kental manis seduh, dengan 4 jenis susu di bawah ini:

1. Susu kedelai

Jika Anda sudah terbiasa mengonsumsi susu kental manis sebagai susu seduh, maka kini Anda bisa mencoba menggantinya dengan susu kedelai.

Susu kedelai merupakan salah satu jenis susu nabati yang paling padat gizi dan cukup mampu memenuhi kebutuhan protein, energi dan kalsium dalam tubuh.

doktersehat-susu-kedelaiSusu kedelai bisa menjadi jenis susu yang cukup mudah perolehannya di pasaran.

Sama dengan susu sapi pada umumnya, susu kedelai tidak hanya tersedia dalam bentuk cair, namun kini Anda bisa memperolehnya dalam bentuk bubuk sehingga lebih praktis dan awet.

2. Susu almond

Sudah pernah mencoba susu almond? Jika belum, maka Anda bisa mempertimbangkan susu almond sebagai salah satu susu seduh untuk Anda konsumsi sehari-hari.

susu-nabati-doktersehat
Photo Credit: Flickr.com/Angelica Bair

Para pakar menyebutkan bahwa susu almond dinilai sebagai susu dengan rasa yang paling mudah disukai atau cocok dengan lidah manusia.

Tidak kalah dengan susu nabati lainnya, susu almond juga memiliki kandungan protein dan kalsium yang cukup tinggi.

3. Susu beras

Selain dari kacang-kacangan, Anda juga bisa mencoba menggunakan susu beras sebagai susu seduh. Mirip dengan produk susu lainnya, susu beras kini juga cenderung lebih mudah diperoleh, utamanya dalam kemasan siap minum.

susu-doktersehat
Source: Mother Jones

Susu beras cenderung lebih tinggi kandungan vitamin ketimbang proteinnya, namun Anda tetap bisa mengonsumsinya sebagai alternatif pengganti susu harian.

4. Susu kambing

Susu kambing menjadi semakin populer belakangan ini karena disebut mampu memberikan manfaat untuk kecantikan dan kesehatan tubuh yang prima.

Hal ini membuat susu kambing kini makin mudah diperoleh, baik dalam bentuk bubuk maupun cair di pasaran.

doktersehat-susu
Photo Credit: Flickr.com/ Andrew Magill

Susu kambing cenderung lebih tinggi kandungan proteinnya dari 3 jenis susu nabati di atas karena merupakan salah satu susu hewani yang tinggi protein.

Nah, itu dia 4 jenis susu, selain susu sapi, yang cukup mudah perolehannya di pasaran. Keempat jenis susu tersebut bisa Anda pilih sebagai alternatif susu harian, meningat kini susu kental manis tak lagi dianjurkan untuk diminum sebagai susu seduh.

Kira-kira, Anda akan mulai mencoba susu jenis yang mana dulu, nih?