Saus Kemasan Baiknya Dibatasi, Ganti dengan 3 Pilihan Saus Sehat Ini

DokterSehat.Com– Apakah Anda penggemar saus kemasan? Tentu ada beraneka jenis saus kemasan yang bisa dengan mudah kita peroleh ya. Mulai dari saus dengan rasa gurih, asin, manis hingga pedas. Semuanya memiliki citarasa masing-masing. Namun konsumsi saus kemasan sebaiknya kita batasi, lho.

Ya, seperti yang kita ketahui, makanan dalam kemasan kerap mendapatkan berbagai jenis bahan tambahan pangan.

Hal inilah yang menyebabkan penggunaan saus kemasan harus dibatasi karena bisa meningkatkan berbagai risiko gangguan kesehatan, seperti peningkatan tekanan darah atau gula darah.

Untuk itu, yuk ketahui apa saja sih pilihan saus sehat apa saja yang bisa gunakan untuk mengganti saus kemasan:

1. Ganti saus tomat dan sambal kemasan dengan sambal alami

Membuat sambal alami dari bahan segar tentu bisa menjadi pilihan pengganti saus tomat dan sambal kemasan, kan?

Haluskan, jika perlu menggunakan blender, tomat atau segar dengan beberapa rempah alami dan bubuk bumbu. Hasilnya tentu tidak kalah berbeda dengan saus kemasan.

Perlu diketahui bahwa kandungan glutamat buatan yang ada pada saus kemasan juga ada pada tomat segar, namun tentu dalam bentuk glutamat alami. Sehingga tentu rasanya sama-sama nikmat dan lezat, kan?

2. Ganti saus vla kemasan dengan saus jahe untuk puding

Menyantap puding manis dengan saus vla yang gurih dan manis memang sangat enak, ya. Sayangnya penggunaan pemanis buatan pada vla kemasan sebaiknya kita batasi agar asupan gula tidak berlebihan.

Sebagai gantinya, buatlah saus dari air jahe dengan tekstur yang sedikit kental. Tambahkan bubuk kayu manis atau sedikit madu dalam saus jahe dan sajikan bersama dengan puding susu, cokelat atau buah. Rasa puding Anda tidak hanya akan nikmat namun juga sehat, ya.

3. Saus barbeque kemasan diganti dengan saus alami

Olahan lauk hewani memang sangat cocok dengan saus barbeque ya. Jika biasanya Anda membeli saus barbeque kemasan maka kini cobalah membuatnya sendiri. Bahan bakunya cukup mudah, siapkan bawang putih, bawang bombay, tomat, paprika, gula palem, cuka, garam dan kaldu. Cukup mudah dibuat, kan?