Terbit: 18 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anda penggemar berbagai olahan masakan dari kecap? Ya, ada berbagai jenis masakan yang khas dengan penambahan kecap sebagai salah satu bumbu pembuatannya. Sebut saja tumis, sayur berkuah hingga nasi goreng. Jika Anda sangat menggemari kecap, maka tidak ada salahnya Anda memvariasikan penggunaan kecap saat memasak.

Batasi Kecap Manis, Ganti Dengan 3 Kecap Ini

Kecap manis menjadi salah satu jenis kecap yang sangat umum digunakan, sayangnya kandungan gula pada kecap manis dinilai paling tinggi diantara jenis kecap lainnya.

Memilih kecap jenis lain akan mengurangi asupan gula dalam tubuh namun akan membuat kita tetap bisa menikmati kelezatan masakan dari kecap.

Inilah jenis kecap yang bisa dipilih untuk menggantikan kecap manis:

1. Kecap dari bahan dasar selain kedelai

Jika lazimnya kita menggunakan kecap dari bahan baku kedelai, mengganti jenis kecap dengan kecap ikan, kecap dari jamur atau kecap dari biji-bijian lain bisa Anda lakukan.

Pilih kecap yang menghasilkan produk dari bahan alami tanpa penambahan gula berlebih, hal ini akan sangat baik untuk menekan konsumsi gula dari kecap dalam tubuh.

2. Kecap asin

Rasanya memang berbeda, namun kecap asin memiliki kandungan gula yang lebih rendah. Gunakan kecap asin sebagai tambahan atau cocolan pada camilan atau sup kuah. Masakan Anda akan tetap gurih dengan rasa khas kecap namun tetap sehat, ‘kan?

3. Kecap manis dengan kandungan gula yang lebih rendah

Jika Anda masih sulit melupakan rasa khas dari kecap manis, maka tidak ada salahnya kok Anda mencoba mengonsumsi kecap manis namun dengan beberapa syarat yaitu pilih kecap manis yang kandungan gulanya lebih rendah.

Atau pilih kecap manis yang terbuat dari pemanis alami, misalnya daun stevia. Meskipun dianjurkan, dalam penggunaanya Anda harus tetap memerhatikan porsinya. Sebaiknya tidak lebih dari 2-3 sendok makan kecap dalam sehari, ya!


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi