7 Penyebab Kulit Penis Mengelupas dan Terasa Perih

doktersehat penyebab penis mengelupas

DokterSehat.Com – Salah satu masalah penis yang sering diabaikan tapi bisa memberikan efek yang besar pada pria adalah kulit yang terlihat kasar dan mengelupas. Kalau kulit penis hanya mengelupas tanpa menimbulkan rasa sakit mungkin tidak akan masalah. Namun, kalau sampai menimbulkan rasa sakit dan mengganggu seks, pria akan kesusahan sendiri.

Selain itu, penis yang mengelupas juga tidak indah secara estetik. Pria bisa tidak percaya diri di depan pasangannya saat bercinta. Oleh karena, kondisi pengelupasan ini harus diatasi dengan segera. Berikut beberapa penyebab kulit penis mengelupas yang harus Anda waspadai.

  1. Gesekan

Penis jadi mengelupas dan terasa sakit karena ada aktivitas seks yang berlebihan. Misal pria sering melakukan seks dengan pasangan dengan intensitas yang tinggi. Selanjutnya, pria juga melakukan masturbasi secara berlebihan. Gesekan antara tangan dan penis bisa menyebabkan luka.

Gesekan dengan celana dalam juga bisa menyebabkan kondisi ini. Pria yang memakai celana dalam kekecilan atau memakai celana dengan bahan kasar tanpa celana dalam bisa mengalami gesekan pada penis.

  1. Balantis

Balantis adalah infeksi yang sering terjadi pada kepala penis atau glans. Kulit jadi mengelupas dengan sendirinya dan terasa sakit. Biasanya pria yang tidak sunat atau pria yang tidak menjaga kesehatan penisnya sering mengalami kondisi yang sangat sakit dan bisa mengganggu seks ini.

  1. Infeksi jamur

Seperti halnya wanita, pria pun juga bisa mengalami infeksi jamur Candida. Infeksi ini menyebabkan permukaan penis khususnya di area kepala menjadi merah dan sakit. Saat disentuh, pria akan mengalami sakit dan panas sehingga tidak nyaman meski hanya sekadar ereksi saja.

Selain sakit di bagian luar dan menyebabkan pengelupasan, infeksi ini juga menyebabkan rasa terbakar saat pria kencing. Aroma tidak sedap pada penis juga menguar seperti bau keju yang sudah busuk.

  1. Genital psoriasis

Penyakit ini tidak menular karena jenis autoimun yang menyerang area kemaluan apa pun usianya. Penis akan memerah dan kadang muncul sisik-sisik yang cukup banyak. Pada kondisi tertentu, sisik akan mengelupas dan menyebabkan rasa sakit.

Kalau Anda mendapati penis yang seperti ini jangan diam saja. Segera lakukan pemeriksaan karena jika dibiarkan bisa melukai penis. Seks akan terganggu dan kemungkinan penis akan terganggu performanya.

  1. Herpes

Herpes adalah penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Sekali mengenai area penis, Anda akan mengidapnya sampai kapan pun. Oleh karena itu, pria disarankan untuk selalu melakukan seks yang sehat dan aman. Kalau sudah terkena herpes, mereka disarankan untuk menjaga kondisi tubuhnya agar tidak kambuh.

Penyakit herpes yang kambuh biasanya menyebabkan penis jari memerah dan muncul bisul kecil-kecil yang terlihat seperti mengelupas.

  1. Eksim

Eksim juga menjadi penyebab utama perubahan pada kulit penis. Perubahan yang terjadi adalah pengerasan permukaan kulit disertai munculnya sisik-sisik yang kerap mengelupas. Kondisi eksim ini tidak menular, tapi kerap menimbulkan rasa sakit dan sering ditumbuhi bisul yang berisi nanah.

  1. Sifilis

Salah satu tanda sifilis yang sering muncul pada pria adalah pengelupasan kulit di kemaluan. Pengelupasan ini menyebabkan rasa sakit dan juga muncul aroma tidak sedap. Selanjutnya, seluruh bagian tubuh akan terasa panas dan muncul gatal di mana-mana. Kalau kondisi ini muncul, segera lakukan pemeriksaan dan penyembuhan karena jika dibiarkan bisa sangat berbahaya.

Inilah tujuh penyebab kulit penis mengelupas. Semoga bisa Anda gunakan sebagai rujukan untuk selalu memperhatikan kondisi sanitasi dari penis sehingga fungsi seksual dan reproduksinya tidak terganggu.