Terbit: 5 Mei 2018 | Diperbarui: 6 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bagi Anda yang sedang mencoba hamil, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari selama menjalani program hamil seperti makanan olahan, minuman bersoda dan makanan yang mengandung kalori atau gula terlalu tinggi. Kini, tampaknya Anda juga harus menambah satu jenis makanan lagi ke dalam daftar tersebut. Para peneliti membuktikan makanan yang dibakar atau sedikit hangus dapat memengaruhi peluang Anda untuk hamil.

Pengaruh Makanan yang Dibakar pada Peluang Kehamilan

Dampak dari makanan yang dibakar untuk kehamilan

Penelitian yang dilakukan oleh Melbourne’s Hudson Institute of Medical Research menyebutkan bahwa wanita yang mengalami kegemukan atau obesitas memiliki angka advanced glycation end products atau yang dikenal dengan AGEs lebih tinggi dibanding dengan wanita yang tidak mengalami kegemukan.

Secara singkat advanced glycation end products dapat ditemukan pada makanan seperti daging merah, makanan manis dan berbagai makanan olahan. Cara mengolah makanan dapat memengaruhi nilai AGEs pada makanan. Makanan yang dimasak dengan suhu tinggi dalam waktu yang lama dapat meningkatkan nilai AGEs hingga 10 kali lipat, khususnya makanan yang dibakar langsung di atas bara api.

AGEs biasanya terjadi pada penderita diabetes melitus karena kondisi kadar gula darah yang tinggi sehingga terjadi proses pengikatan gula pada protein lemak. Hal ini mengakibatkan proses oksidasi dan terbentuk radikal bebas yang dapat merusak pembuluh darah kecil dan besar.

Dalam kaitannta dengan kehamilan, AGEs dapat menyebabkan inflamasi sehingga embrio semakin susah untuk melakukan implantasi. AGEs dikaitkan dengan beberapa penyakit seperti resistansi insulin, diabetes tipe 2 hingga alzheimer.

Tips menyiapkan makanan bagi pasangan yang menjalani program hamil

Makanan memgang peranan penting dalam keberhasilan program hamil, meskipun bukan menjadi satu-satunya faktor. Beberapa tips mengolah dan menyiapkan makanan yang disarankan oleh para pakar bagi para pasangan yang menjalani program hamil antara lain:
1. Perbanyak sayuran
2. Kurangi memasak makanan dengan cara dibakar atau dipanggang, khususnya dalam waktu yang lama
3. Kurangi asupan gula
4. Kurangi makan makanan olahan dan perbanyak makanan yang dimasak sendiri
5. Perbanyak konsumsi blueberry, cranberry atau buah segar lainnya


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi