Terbit: 1 April 2018 | Diperbarui: 31 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Beraktivitas di dalam ruangan ber-AC selama 7 sampai 8 jam ternyata bisa berdampak buruk bagi kulit Anda. Pengaruh buruk AC pada kulit lebih banyak tidak disadari, termasuk mungkin oleh Anda kaum wanita. Padahal, kesehatan dan kecantikan kulit menjadi salah satu elemen yang dapat menunjang rasa percaya diri. Lalu, apa saja pengaruh buruk AC bagi kulit Anda? Simak ulasan berikut ini!

Pengaruh Buruk AC untuk Kulit

1. AC Membuat Kulit Kering

Lama-lama berada di ruangan ber-AC, bisa membuat kulit Anda mengering. AC bisa menghilangkan kelembapan alami yang dimiliki kulit. Menurut ahli kecantikan dan spesialis kulit, Dr Rajan T D yang dilansir dari timesofindia, bila masalah ini tidak segara diatasi, lapisan kulit bagian dalam juga bisa terkena pengaruh buruk. Bagi Anda yang memang sudah memiliki masalah kulit kering, berada di ruangan ber-AC bisa membuat kulit menjadi tampak bersisik. Menurutnya, AC bisa memperburuk masalah kulit Anda.

2. AC Bisa Menimbulkan Kerutan pada Kulit

Masih dilansir dari timesofindia.indiatimes.com, kadar kelembapan pada kulit yang berkurang akibat AC, bisa menimbulkan masalah lain pada kulit. Ya. Karena kehilangan kelembapannya, kehilangan kadar air di dalamnya, selain kering, kulit juga bisa kehilangan elastisitasnya. Hal tersebut, bisa menjadi penyebab timbulnya kerutan. Perlu diketahui bahwa air berperan penting untuk tetap menjaga aliran darah dalam tubuh. Begitupun fungsinya terhadap kulit. Jadi, bisa dibayangkan akibatnya bila kulit mengalami kekeringan.

3. AC Bisa Menjadi Penyebab Penuaan pada Kulit

Pengaruh buruk AC pada kulit selanjutnya yang masih dilansir dari situs yang sama adalah menimbulkan masalah penunaan pada kulit. Kerutan pada kulit yang disebabkan hilangnya kelembapan, membawa masalah lain, yaitu mempercepat penuaan. Kulit akan tampak lebih tua dari usia Anda yang sebenarnya. Hal ini tentu tidak diinginkan, bukan?

Bila tidak bisa menghindari ruangan ber-AC dalam beraktivitas, gunakan krim pelindung kulit yang dapat membantu kulit tetap lembap, jangan lupa untuk banyak mengonsumsi buah dan sayuran.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi