Terbit: 27 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Restoran cepat saji semakin menjamur di berbagai kota-kota besar di Indonesia. Banyak orang yang bahkan menganggap kemunculan restoran cepat saji sebagai salah satu tanda bahwa area tersebut mulai mengalami kemajuan peradaban. Padahal, dalam realitanya, keberadaan restoran cepat saji bisa membuat semakin banyak orang yang mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Pengakuan Mengejutkan Karyawan Restoran Cepat Saji Tentang Kebersihan Tempat Kerjanya

Dilansir dari Mirror, tak hanya menyediakan makanan yang kaya lemak dan rendah nutrisi, ada baiknya kita juga tidak sembarangan dalam membeli es krim atau minuman bersoda yang disediakan dalam mesin khusus pada restoran cepat saji. Hal ini disebabkan oleh keberadaan gumpalan jamur pada mesin tersebut, termasuk dalam wadah penampung es krim atau minuman!

Karyawan restoran cepat saji yang tidak disebutkan namanya ini menyebutkan bahwa gumpalan jamur dengan warna hijau bisa ditemukan di mesin dispenser minuman bersoda. Hal ini disebabkan oleh kecenderungan mesin minuman atau es krim yang sangat jarang dibersihkan.

Sebenarnya, pihak restoran cepat saji sudah mengeluarkan standar operasional dan kebersihan yang meminta seluruh peralatan dan mesin yang dipakai di restoran untuk dibersihkan. Namun, karena berbagai kesibukan yang dilakukan oleh karyawan, seringkali standar kebersihan ini tidak benar-benar dilakukan. Jika sampai kita mengonsumsi minuman atau es krim yang terpapar oleh jamur dan berbagai kotoran lainnya ini, maka kita tentu akan berisiko mengalami masalah kesehatan yang tidak bisa disepelekan.

Telah banyak penelitian yang menghasilkan fakta tentang bahaya dari kebiasaan mengonsumsi makanan cepat saji. Tak hanya bisa meningkatkan risiko terkena masalah kolesterol tinggi, hipertensi, stroke, penyakit jantung, obesitas, diabetes, atau kanker, kerap mengonsumsinya juga bisa memicu gangguan mental. Hal ini disebabkan oleh keberadaan lemak trans yang bisa mempengaruhi kesehatan otak dan keseimbangan hormon tubuh.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Melihat adanya fakta ini, cobalah untuk mengurangi atau jika mampu, berhentilah mengonsumsi makanan cepat saji demi menjaga kesehatan tubuh.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi