Penelitian Ini Mengungkap Manfaat Minum Teh Hangat yang Tidak Diduga Sebelumnya

doktersehat-teh-krisan

DokterSehat.Com– Selain minum kopi, kebanyakan orang juga terbiasa untuk mengkonsumsi teh, baik itu berupa teh hangat ataupun teh dingin. Minum teh, khususnya teh hangat diketahui bisa memberikan banyak sekali manfaat kesehatan bagi tubuh kita. Sebagai contoh, teh bisa membuat pikiran menjadi lebih tenang atau memiliki kandungan antioksidan yang bisa mendukung sistem kekebalan tubuh. Namun, sebuah penelitian terbaru berhasil menemukan manfaat minum teh hangat yang tidak diduga sebelumnya. Seperti apakah manfaat tersebut?

Dalam penelitian yang dilakukan berdasarkan dari hasil Survei Kesehatan dan Gizi Nasional Amerika Serikat dan dipublikasikan dalam British Journal of Ophthalmology, disebutkan bahwa jika kita rutin minum teh hangat setidaknya sekali dalam sehari, maka kita akan mencegah datangnya gangguan kesehatan mata yang disebut sebagai glaukoma. Sebagai informasi, glaukoma adalah gangguan kesehatan mata yang disebabkan oleh rusaknya saraf optik karena tekanan pada mata yang berlebihan.

Glaukoma adalah salah satu pemicu kebutaan terbesar di seluruh dunia. Kini, 57,5 juta penduduk di seluruh dunia mengalami masalah kesehatan ini dan diperkirakan pada tahun 2020 mendatang jumlahnya akan meningkat sampai 65 juta orang.

Dalam penelitian ini, 10 ribu orang dites kesehatan tubuhnya dengan cara melakukan pemeriksaan fisik, pemeriksaan sampel darah, pemeriksaan mata, dan wawancara untuk mengetahui gaya hidupnya sehari-hari. Hasilnya adalah, mereka yang rajin minum teh hangat memang cenderung lebih baik dalam mencegah datangnya masalah glaukoma ini. Yang menarik adalah, konsumsi jenis minuman yang mengandung kafein lainnya seperti kopi, minuman ringan, atau bahkan es teh ternyata tidak akan memberikan manfaat yang sama.

Melihat adanya fakta ini, rajin-rajinlah minum teh hangat agar mata tetap sehat, toh rasanya juga enak kok.