Diplopia – Penegakan Diagnosis dan Pemeriksaan Dokter

Diplopia-doktersehat

Penglihatan ganda selalu membutuhkan evaluasi dokter untuk menentukan penyebabnya. Penglihatan ganda adalah gejala dari sesuatu yang abnormal terjadi di dalam mata, otak, atau sistem saraf Anda. Masalah pengelihatan ganda membutuhkan evaluasi lengkap untuk mengungkap penyebabnya.

Dalam banyak kasus, gambar tambahan yang Anda lihat di bidang pengelihatan Anda adalah hasil dari kondisi yang terobati. Tetapi perubahan mendadak dalam penglihatan Anda membutuhkan perhatian medis segera.

Beberapa kondisi memerlukan perawatan medis yang mendesak untuk mencegah kehilangan penglihatan permanen atau komplikasi yang mengancam jiwa.

Penegakan diagnosis

Mendiagnosis penglihatan ganda sebagai diplopia monokular atau binokular biasanya dapat langsung dilakukan. Namun, menentukan penyebabnya mungkin lebih sulit. Jika Anda memiliki penglihatan ganda, menceritakan gejala dan pengalaman penglihatan Anda akan membantu dalam diagnosis.

Ketika Anda mengunjungi dokter Anda, dokter akan memperhatikan gejala Anda dan melakukan beberapa tes untuk mencari masalah penglihatan tambahan. Dokter juga kemungkinan akan melakukan tes singkat untuk mendiagnosis jenis diplopia.

Setelah Anda memiliki diagnosis diplopia, pekerjaan mencari penyebab dimulai. Untuk melakukan ini, dokter Anda mungkin akan melakukan tiga jenis pengujian:

Setelah Anda memiliki diagnosis diplopia, pekerjaan mencari penyebab dimulai. Untuk melakukan ini, dokter Anda mungkin akan melakukan tiga jenis pengujian:

  1. Memeriksa kondisi kesehatan Anda saat ini

Anda dan dokter Anda mungkin menghabiskan beberapa waktu untuk menggali riwayat kesehatan Anda. Ini termasuk:

Riwayat lengkap gejala Anda: Menjelaskan sepenuhnya masalah penglihatan Anda ke dokter dapat membantu mereka menghilangkan kemungkinan penyebab dan memutuskan tes apa yang dapat membantu. Pastikan untuk memberi tahu dokter tentang gejala yang tidak biasa yang Anda alami, meskipun Anda tidak yakin mereka terkait dengan masalah penglihatan Anda.

Riwayat kesehatan pribadi Anda: Dokter Anda mungkin mempertimbangkan faktor-faktor yang mendasari seperti diabetes, masalah tiroid, atau gangguan neurologis yang dapat menyebabkan masalah penglihatan Anda.

Riwayat kesehatan keluarga Anda: Jika anggota keluarga memiliki masalah penglihatan atau gangguan yang dapat mengarah pada penglihatan ganda, biarkan dokter Anda mengetahuinya. Masalah-masalah ini dapat menjadi titik awal yang baik untuk diagnosis Anda sendiri.

  1. Pemeriksaan fisik

Pemeriksaan fisik lengkap dapat membantu dokter Anda menemukan dan mengidentifikasi kemungkinan penyebab untuk penglihatan ganda Anda. Pemeriksaan ini mungkin termasuk:

  • Pemeriksaan darah untuk mencari infeksi
  • Pemeriksaan pengelihatan
  • Tes gerakan mata
  • Tes toksisitas
  • Pembacaan gula darah
  • Tes pencitraan, seperti CT scan atau MRI
Diplopia – Halaman Selanjutnya: 1 2 3