Penduduk Kota Lebih Rentan Hipertensi?

doktersehat-tekanan-darah-tinggi-hipertensi

DokterSehat.Com– Banyak orang yang menganggap penduduk kota besar lebih rentan terkena masalah tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hal ini disebabkan oleh tingginya risiko terkena stres, salah satu penyebab utama dari hipertensi yang dialami warga kota. Sebagaimana kita ketahui, kehidupan yang jauh lebih keras, kondisi ekonomi yang lebih berat, hingga kemacetan yang bisa melanda setiap saat menjadi penyebab utama datangnya stres bagi warga kota.

Menurut pakar kesehatan, dihasilkan fakta bahwa pada 2017 lalu, satu dari tiga orang dewasa dengan usia rata-rata 41 tahun di Indonesia terkena peningkatan tekanan darah. Selain itu, 1 dari 10 orang memiliki tekanan darah lebih tinggi dari batas normal. Penelitian yang melibatkan 120 ribu orang dari 27 provinsi di Indonesia ini juga menghasilkan fakta bahwa tekanan darah terkait dengan tingkat pendidikan masyarakat.

“Semakin baik tingkat pendidikan seseorang, semakin baik pula kecenderungan kondisi tekanan darahnya. Sepertinya mereka yang berpendidikan tinggi cenderung lebih peduli dengan kondisi kesehatannya,” ucap dr. Bambang Widyantoro.

Selain tingkat pendidikan, posisi tempat tinggal masyarakat ternyata memang bisa mempengaruhi risiko terkena hipertensi. Sebagaimana kita sebutkan sebelumnya, banyak orang yang berpikir jika penduduk perkotaan lebih rentan terkena masalah tekanan darah tinggi. Padahal, dalam realitanya, masyarakat pedesaan ternyata memiliki kondisi tekanan darah lebih tinggi dari masyarakat perkotaan. Penyebab dari kondisi ini adalah kebiasaan masyarakat pedesaan yang suka mengonsumsi makanan seperti ikan asin atau menambahkan garam dalam jumlah yang tinggi pada masakannya.

Sebagai informasi, fakta ini terungkap setelah mengecek tekanan darah masyarakat, termasuk masyarakat pedesaan yang ada di Bandung dan Bogor. Di daerah-daerah tersebut, banyak masyarakat yang masih mengonsumsi garam atau makanan asin dalam jumlah yang tinggi seperti ikan asin. Banyak jajanan yang dikonsumsi masyarakat yang ternyata juga kaya akan kandungan garam atau penyedap rasa.

Melihat adanya fakta ini, dimanapun tempat kita tinggal, ada baiknya tetap menjaga pola makan dan gaya hidup yang sehat demi mencegah datangnya hipertensi yang bisa menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.