Jangan Salah, Inilah Cara Pendinginan yang Tepat

doktersehat-tips-fitnes
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Dalam olahraga, khususnya fitnes kita tidak hanya diharuskan untuk melakukan pemanasan. Tapi kita juga sangat disarankan untuk melakukan pendinginan. Bedanya, jika pemanasan dilakukan sebelum latihan, maka pendinginan sebaliknya yaitu dilakukan setelah latihan usai.

Pendinginan sendiri sangat penting untuk dilakukan. Sebab, ada berbagai manfaat yang bisa kita dapatkan, mulai dari memulihkan tenaga, memberi jeda untuk istirahat, serta mengembalikan struktur pori-pori yang terbuka saat latihan.

Namun, walau teramat penting, tak sedikit orang yang menyepelekannya. Biasanya, setelah latihan fitnes mereka akan langsung pulang dalam keadaan tubuh masih berkeringat. Padahal, cara tersebut tidak dibenarkan.  Sebaiknya, lakukanlah pendinginan terlebih dahulu sebelum kembali ke rumah.

Adapun cara pendinginan yang benar adalah sebagai berikut.

1. Peregangan Otot

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika selesai latihan adalah melakukan peregangan. Anda bisa melakukannya sambil duduk santai dengan minum air. Usahakan agar kaki diluruskan (jangan ditekuk) agar tidak terjadi kekacauan pada otot. Lakukanlah peregangan ringan sambil menunggu keringat kering.

2. Minum Air Putih

Setelah melakukan peregangan, sebaiknya langsung minum air putih yang banyak. Hal ini bisa membuat suhu tubuh kembali normal. Selain itu, air putih yang Anda konsumsi juga akan mengganti cairan yang telah terkuras selama latihan. Ingat, jangan minum sambil berdiri karena bisa menyebabkan kerusakan jaringan pada organ cerna.

3. Tetap Bergerak

Hal penting selanjutnya adalah tetap bergerak dan jangan sampai diam begitu saja sampai pendinginan selesai. Namun, gerakannya juga tak perlu gerakan berat. Anda bisa menggerakkan telapak kaki atau tangan secarapa perlahan. Cara ini efektif dalam melancarkan peredaran darah yang dipompa selama latihan.

4. Kompres

Cara pendinginan yang satu ini sifatnya kondisional, artinya bisa Anda lakukan ketika mengalami cedera saat latihan. Sebab, otot yang cedera akan mudah dipulihkan jika Anda segera mengompresnya dengan air dingin. Usahakan, sambil mengompres diberikan pijatan halus dan merata sampai kontraksinya menghilang.