Penderita Obesitas Berbobot 310 Kg Dari Karawang Meninggal Dunia

DokterSehat.Com– Yudi Hermanto (33 tahun), warga Karawang, Jawa Barat yang sempat menarik perhatian masyarakat karena mengalami kondisi obesitas parah dan mengalami kenaikan berat badan dalam waktu yang sangat cepat hingga mencapai 310 kg meninggal dunia pada Minggu, 10 Desember 2017. Yudi disebut-sebut meninggal setelah mengalami sesak nafas dan kejang-kejang setelah mandi di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Karawang.

Nadia, salah seorang kerabat dari Yudi, menyebutkan bahwa Yudi sempat merasa gerah sehingga memutuskan untuk mandi. Sayangnya, setelah melakukannya Yudi hanya berbaring dan mengeluhkan sesak nafas. Pihak keluarga segera mencari dokter untuk meminta pertolongan namun Yudi justru kejang-kejang dan akhirnya menghembuskan nafasnya yang terakhir.

Dalam satu tahun terakhir, Yudi mengalami kenaikan berat badan yang sangat luar biasa. Jika sebelumnya berat badannya hanyalah 110 kg, kini berat badannya naik sekitar 3 kali lipat hingga 310 kg. Pihak keluarga menyebutkan bahwa selain karena kebiasaan tidur setelah makan, Yudi memang cenderung doyan makan sehingga akan selalu menghabiskan makanan apapun yang disediakan padanya. Tak hanya itu, tempatnya bekerja yang berupa perusahaan katering juga kerap memberikannya makanan sisa katering. Kondisi inilah yang membuatnya mengalami kenaikan berat badan dengan drastis.

Meskipun menyadari perkembangan berat badannya mulai mengkhawatirkan, Ia tidak sempat pergi ke dokter karena mengaku terkendala biaya. Sayangnya, kondisi obesitas yang Ia derita akhirnya membuatnya semakin sulit bergerak, susah bernafas dengan lancar, dan kini akhirnya meninggal dunia.

Ada banyak sekali penyakit yang bisa dipicu oleh kelebihan berat badan seperti diabetes, serangan jantung, asam urat, sleep apnea, osteoarthritis, kanker, dan berbagai penyakit lainnya. Karena alasan inilah ada baiknya kita selalu menjaga berat badan tetap ideal dengan cara rutin berolahraga, mengkonsumsi makanan dengan kadar gizi yang seimbang, dan tidur dengan cukup demi membantu metabolisme tubuh tetap berjalan dengan lancar.