Bolehkah Penderita Kolesterol Makan Ayam?

Bahaya-cuci-daging-ayam-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/Alpha

DokterSehat.Com– Penderita masalah kolesterol tinggi memang tidak boleh sembarangan dalam mengonsumsi makanan, khususnya yang berupa daging-dagingan. Dikhawatirkan, jika mereka mengonsumsi makanan yang kaya akan lemak, maka penyakit kolesterol yang diderita justru menjadi semakin parah. Lantas, bagaimana dengan daging ayam? Apakah penderita kolesterol juga tidak boleh mengonsumsinya?

Penderita kolesterol memang sebaiknya menghindari makanan yang kaya akan kandungan lemak jahat seperti makanan cepat saji layaknya burger, dan pizza, makanan olahan seperti nugget ayam dan sosi, daging merah, dan makanan laut sepert udang, kepiting, cumi, dan kerang. Beberapa jenis makanan seperti susu, dan jeroan juga sebaiknya dikurangi konsumsinya atau bahkan dihindari.

Hanya saja, untuk makanan berupa daging unggas layaknya ayam dan bebek, asalkan tidak dikonsumsi dengan kulit atau potongan daging yang memiliki kandungan lemak, daging ini masih bisa dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi. Daging ini juga sebaiknya diolah dengan cara direbus atau dipanggang, bukannya digoreng yang tentu membuatnya memiliki kandungan lemak jenuh. Bahan makanan laut seperti ikan salmon juga direkomendasikan untuk dikonsumsi karena memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang justru mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Makanan lain yang sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi adalah buah avokad, buah-buahan yang kaya vitamin C seperti pepaya, anggur, jeruk, dan sayur brokoli, serta makanan yang kaya akan vitamin E seperti gandum, kacang almond, dan kacang tanah.

Kembali ke daging ayam, meskipun memang tidak memberikan efek buruk bagi kesehatannya, ada baiknya penderita kolesterol tinggi berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mengetahui apakah memang diperbolehkan untuk mengonsumsinya atau tidak sekaligus mengetahui porsi daging ayam yang tepat untuk dikonsumsi setiap hari.