Bolehkah Penderita Hipertensi Makan Micin?

msg-micin-penyedap-doktersehat
Photo Source: epicurious.com

DokterSehat.Com– Micin atau monosodium glutamate (MSG) kini telah menjadi salah satu bumbu yang sering kita gunakan saat memasak. Meski bisa membuat rasa masakan menjadi lebih nikmat, MSG sayangnya dianggap sebagai bahan makanan yang kurang sehat. Kandungan sodiumnya memang tidak setinggi di dalam garam dapur, namun apakah penderita hipertensi sebaiknya tidak mengonsumsinya?

Pakar kesehatan Prof. Hardinsyah, MS, PhD dari Institut Pertanian Bogor (IPB) menyebut kandungan sodium di dalam micin atau MSG sebesar 12 persen, lebih rendah dibandingkan dengan kandungan sodium di dalam garam dapur yang mencapai 39 persen. Meskipun begitu, penderita hipertensi tetap tidak boleh sembarangan dalam mengonsumsi micin.

“Pasien tekanan darah tinggi asalkan tidak mengalami masalah kegemukan masih bisa mengonsumsi micin. Dengan menggunakannya untuk menyedapkan makanan-makanan sehat, maka nafsu makan penderita hipertensi bisa meningkat. Penggunaan micin bahkan bisa menurunkan dua pertiga sodium atau sepertiga garam dapur, bahan makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita hipertensi,” papar Prof. Hardinsyah.

Sementara itu, bagi penderita hipertensi yang mengalami kegemukan, ada baiknya konsumsi garam ataupun micin dibatasi. Sebagai contoh, konsumsi micin harus dibatasi hingga 0,4 persen saja setiap hari dan mereka pun harus lebih sering mengonsumsi sayur atau buah yang kaya serat demi membantu mengendalikan tekanan darah. Jika ingin mendapatkan sensasi gurih, penderita hipertensi disarankan untuk mengonsumsi sayuran seperti brokoli yang memiliki kandungan glutamat alami.

“Selain brokoli, jamur juga sudah memiliki kandungan glutamat alami, jadi aman untuk dikonsumsi penderita hipertensi,” lanjut Prof. Hardinsyah.

Salah satu pemicu utama dari masalah hipertensi adalah konsumsi garam yang berlebihan. Memang, garam bisa membuat rasa masakan menjadi lebih nikmat. Sayangnya, kandungan sodium di dalamnya bisa memicu penyempitan pembuluh darah yang akhirnya berimbas pada datangnya hipertensi.

Karena alasan inilah penderita hipertensi sebaiknya tidak sembarangan dalam mengonsumsi makanan, apalagi yang diolah dengan tambahan garam atau micin. Selain itu, mereka juga harus rajin berolahraga, tidur dengan cukup, dan mengelola stres dengan lebih baik demi mencegah masalah hipertensi menjadi semakin parah.