Terbit: 20 Maret 2018 | Diperbarui: 29 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.ComHipertensi menjadi salah satu penyakit yang bisa meningkatkan risiko atau memperparah kondisi panyakit lain. Untuk mengatasinya, obat penurun hipertensi biasa diberikan untuk dikonsumsi lebih dari 3 hari. Selama masa konsumsi obat tersebut, ternyata ada beberapa jenis makanan yang bisa menganggu fungsi obat hipertensi.

Penderita Hipertensi, Hindari Makanan Ini Saat Minum Obat Hipertensi

Menurut data dari World Health Organization atau WHO, hipertensi dapat dikontrol dengan melakukan perubahan pola makan dan pola hidup yang sehat. Namun obat hipertensi perlu diberikan pada penderita yang mengalami tekanan darah tinggi cukup parah, sehingga tekanan darah juga terkontrol dengan pemberian obat.

Karena kondisi penderita yang mengonsumsi obat cukup parah, maka penyerapan obat hipertensi juga harus baik. Untuk itu kita harus memahami apa saja yang dapat menghambat penyerapan obat hipertensi, utamanya dari makanan.

Menurut buku Clinical Care Practice beberapa jenis makanan dapat berinteraksi dengan obat hipertensi diuretik seperti obat jenis furosemid atau lasix, triamteren atau dyazide dan hidroklorotiasid atau hydrodiuril. harus bisa dilakukan dengan sempurna.

Beberapa obat tersebut memiliki efek tubuh kehilangan kalium, kalsium dan magnesium yang kemudian pemenuhannya bisa melalui suplemen. Namun untuk obat jenis triameten (untuk penderita hipertensi dengan penyakit jantung) jika dikonsumsi justru akan membuat kadar kalium dalam darah meningkat. Kondisi ini berbahaya karena dapat menyebabkan detak jantung tidak teratur.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Untuk itu, saat mengonsumsi obat jenis triameten, batasi konsumsi bahan makanan dibawah ini:

 

  • Buah kaya kalium

 

 

 

      Buah pisang dan jeruk merupakan bahan makanan yang kaya akan kandungan kalium, asupan makanan ini berbahaya karena dapat semakin meningkatkan kadar kalium dalam tubuh.

 

  • Sayur kaya kalium

 

 

 

      Konsumsi sayuran berdaun hijau gelap seperti bayam dan brokoli sebaiknya tidak berlebihan.

 

  • Kurangi penggunaan garam tinggi kalium

 

 

 

      Konsumsi garam yang memiliki kadar kalium tinggi sebaiknya diganti dengan garam rendah kalium

Kini jika Anda mengonsumsi obat jenis triameten maka hindari konsumsi bahan makanan yang telah disebutkan tadi ya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi