Penderita Hipertensi Lebih Berisiko Terkena Diabetes

tekanan-darah-normal-doktersehat

DokterSehat.Com– Satu lagi alasan untuk tidak terkena masalah tekanan darah tinggi atau hipertensi, yakni kita bisa menghindari datangnya diabetes. Diabetes adalah salah satu penyakit paling mengerikan yang bisa memicu datangnya komplikasi mematikan atau komplikasi pada anggota badan. Tahukah Anda kalau penderita hipertensi berisiko diabetes?

Fakta ini terungkap dari sebuah penelitian yang dilakukan Professor Anoushka Patel dari George Institute for Global Health. Dalam penelitian yang dilakukannya dengan cara melibatkan data kesehatan dari 4 juta warga Inggris yang berusia dewasa ini, dihasilkan fakta bahwa ada kaitan antara kedua penyakit ini. Hasilnya, penderita hipertensi berisiko diabetes dengan persentase mencapai 60 persen.

“Data dari penelitian ini diambil dari kunjungan pasien ke dokter sehingga bisa dipastikan cukup valid untuk membuktikan adanya kaitan antara kedua penyakit ini. Bahkan, kaitan antara keduanya terbukti cukup besar,” ungkap Patel.

Penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul Journal of the American College of Cardiology ini juga menghasilkan fakta menarik lainnya, yakni tekanan darah tinggi memang bisa menjadi pemicu datangnya diabetes, namun diabetes belum tentu bisa menyebabkan hipertensi.

“Penelitian ini tidak mengambil data dari orang yang sudah dipastikan memiliki diabetes sebelumnya. Jadi, para partisipan diketahui tidak mengidap diabetes dan masalah jantung di awal penelitian. Setelahnya, di akhir penelitian, sebagian dari mereka mengidap diabetes,” lanjut Patel.

Meski menunjukkan adanya kaitan antara kedua penyakit ini, Patel menyebutkan bahwa ia harus melakukan penelitian yang lebih mendalam mengenai hal ini untuk mengetahui bagaimana bisa tekanan darah tinggi bisa menyebabkan tekanan darah. Selain itu, Patel juga masih penasaran untuk mengetahui apakah dengan menurunkan tekanan darah juga bisa menurunkan risiko terkena diabetes.

Mengingat tekanan darah tinggi juga bisa berimbas pada masalah kesehatan lainnya yang tak bisa disepelekan begitu saja, ada baiknya memang kita menjaga tekanan darah tetap dalam kondisi normal. Caranya adalah dengan mengelola stres dengan baik, tidur cukup setiap malam, rajin berolahraga, tidak merokok dan mengonsumsi alkohol, serta menerapkan pola makan dengan nilai gizi yang seimbang.