Penderita Diabetes Boleh Makan Mangga, Begini Caranya

ibu-hamil-ngidam-mangga-muda-doktersehat

DokterSehat.Com– Karena rasanya yang manis, banyak penderita diabetes yang khawatir saat mengonsumsi buah mangga. Sebenarnya, apakah mereka boleh untuk mengonsumsinya?

Dilansir dari Antara, dr. Anil Boraskar dari SL Raheja Hospital yang ada di India menyebutkan bahwa pasien diabetes masih diperbolehkan untuk makan buah mangga. Hanya saja, porsi mangga yang boleh untuk dikonsumsi hanya setengah saja.

“Penderita diabetes sebaiknya menghindari jus. Jarak antara mengonsumsi makanan besar dengan makan mangga juga sebaiknya minimal satu jam. Selain itu, pastikan untuk melakukan pengecekan kadar gula darah setelah makan sepotong mangga. Jika sampai kadar gula darah melebihi 25 persen, ada baiknya konsumsi mangga dihentikan terlebih dahulu,” ucap dr. Anil.

Meskipun kaya akan serat dan vitamin, dalam realitanya mangga memiliki kandungan kalori dan gula alami yang tinggi.

“Setiap orang memiliki respons yang berbeda-beda pada makanan yang mereka konsumsi, termasuk pada mereka yang memiliki masalah diabetes. Hal ini berarti, setiap penderita diabetes juga sebaiknya mengecek kondisi kesehatannya terlebih dahulu ke dokter untuk memastikan apakah mereka boleh makan mangga atau makanan lainnya agar tidak mengalami dampak apapun setelah mengonsumsinya,” lanjut dr. Anil.

Sementara itu, dr. Rinki Kumari dari Fortis Hospital menyebutkan bahwa mangga termasuk dalam buah yang kaya akan kandungan serat dan antioksidan yang bisa meningkatkan kesehatan otak dan fungsi tubuh. Mangga juga kaya akan kandungan enzim yang bisa membantu proses pencernaan dengan efektif. Karena alasan inilah, buah ini boleh dikonsumsi oleh siapa saja, termasuk para penderita diabetes meskipun tetap saja asupannya harus dibatasi agar tidak berlebihan.