Bolehkah Penderita Diabetes Makan Jambu?

jambu_merah_kolesterol_doktersehat_2
Photo Source: Flickr/Maur Cateb

DokterSehat.Com– Salah satu buah tropis yang paling mudah untuk ditemui di berbagai tempat adalah jambu biji. Selain memiliki harga yang murah, jambu bisa dimakan langsung dan bisa dijadikan jus yang enak. Hanya saja, bolehkah penderita diabetes┬ámakan jambu?

Di dalam jambu biji kita bisa menemukan kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Kandungan ini akan memperkuat sistem kekebalan tubuh sekaligus mencegah efek buruk paparan radikal bebas. Hal ini berarti mengonsumsi jambu biji bisa membantu kita menurunkan risiko terkena berbagai penyakit, termasuk kanker.

Di dalam jambu biji juga terdapat kandungan potasium yang tinggi, kandungan ini bisa membantu menjaga tekanan darah, memperlancar peredaran darah, dan membuat otak mendapatkan asupan oksigen dengan cukup.

Lantas, apakah buah jambu boleh dimakan penderita diabetes?

Meskipun memiliki rasa yang manis, pakar kesehatan menyebut jambu biji sebagai buah yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Hanya saja, ada baiknya kulit jambu ini dikupas sebelum dikonsumsi. Di dalam kulit jambu terdapat kandungan yang dikhawatirkan bisa meningkatkan kadar gula darah, sesuatu yang harus diwaspadai oleh penderita diabetes.

Dengan mengonsumsi jambu biji, maka proses penyerapan gula darah cenderung bisa ditekan sehingga kadar gula darah di dalam tubuh tetap bisa dijaga dengan seimbang. Hal ini disebabkan oleh indeks glikemik jambu biji yang masih tergolong rendah. Selain itu, jambu biji juga kaya akan serat yang sangat baik bagi kesehatan pencernaan.

Jambu biji bisa dijadikan camilan sehat yang dikonsumsi di antara waktu makan besar. Dengan mengonsumsinya alih-alih memakan camilan tidak sehat, kondisi kadar gula darah penderita diabetes tetap bisa dijaga sehingga tidak akan terlalu tinggi ataupun terlalu rendah. Selain itu, jambu biji juga bisa membantu penderita diabetes mengatasi sembelit, kondisi yang memang cenderung wajar mereka alami.

Melihat adanya berbagai kandungan nutrisi yang sangat menyehatkan yang ditawarkan oleh jambu biji, penderita diabetes tidak perlu ragu lagi untuk mengonsumsinya. Hanya saja, pastikan untuk berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu untuk mengetahui apa saja buah dan makanan yang aman untuk dikonsumsi.