Bolehkah Penderita Diabetes Makan Gorengan?

gorengan-doktersehat
Photo Source: Twitter.com/infobdg

DokterSehat.Com– Sebagaimana kita ketahui, penderita diabetes tidak boleh mengonsumsi makanan dengan sembarangan demi menjaga kadar gula darah dalam tubuhnya berada dalam kondisi normal. Sebagaimana kita ketahui, penderita diabetes biasanya mengalami masalah dalam memproduksi insulin yang membuat mereka tidak bisa mengelola kalori dan glukosa yang ada dalam darah. Jika sampai makanan yang dikonsumsi kaya akan kandungan tersebut, maka kadar gula darah akan melonjak drastis dan bisa menyebabkan datangnya komplikasi yang berbahaya.

Hanya saja, sebuah pertanyaan pun muncul. Apakah penderita diabetes boleh mengonsumsi gorengan? Makanan khas Tanah Air ini memang sangat digemari oleh sebagian besar masyarakat karena memiliki rasa yang enak dan bisa didapatkan dengan harga yang murah. Sayangnya, sudah menjadi rahasia umum jika gorengan dikenal luas sebagai makanan yang tidak baik bagi kesehatan.

Menurut pakar kesehatan dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo dr. Nurul Ratna, gorengan termasuk dalam makanan yang harus dihindari oleh penderita diabetes mellitus. Hanya saja, jika memang mereka ingin mengonsumsinya, ada baiknya penderita diabetes berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Jika memang memungkinkan, bisa jadi mereka masih bisa makan gorengan meski porsinya tentu harus dibatasi.

“Penderita diabetes seringkali berpikir jika mereka tidak bisa lagi mengonsumsi makanan enak. Padahal, kuncinya sebenarnya adalah di porsi makanan tersebut. Meski tentu saja mereka harus berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter,” ucap dr. Nurul.

Jika memang diperbolehkan oleh dokter, biasanya penderita diabetes hanya bisa makan gorengan maksimal dua buah saja setiap hari. Sebagai contoh, jika di pagi hari sudah mengonsumsi tempe goreng lalu di siang hari sudah mengonsumsi lele goreng, maka di waktu malam sudah tak lagi bisa mengonsumsi gorengan. Sayuran yang dioseng juga sebaiknya dibatasi dan saat mengolahnya sebaiknya hanya memakai minyak yang sedikit.

Penderita diabetes lebih disarankan untuk memperbanyak asupan sayuran yang kaya akan serat agar lebih mudah kenyang dalam waktu yang lama. Sebagai informasi, konsumsi nasi penderita diabetes juga sebaiknya dibatasi hingga seperempat piring saja setiap kali makan. Jumlah sayuran yang dikonsumsi sebaiknya mencapai setengah piring. Sisa seperempat sisi piring dipenuhi oleh lauk-pauk.