Terbit: 12 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Didiagnosis terkena diabetes adalah sebuah kabar yang paling tidak disukai oleh semua orang. Bagaimana tidak, menderita diabetes berarti lebih rentan terkena komplikasi berbahaya dan mematikan. Selain itu, menderita diabetes juga berarti tidak boleh lagi mengonsumsi makanan enak demi menjaga kadar gula darah tetap terkendali.

Penderita Diabetes Boleh Makan Durian?

Salah satu makanan yang dianggap sebagai pantangan bagi penderita diabetes adalah durian. Yang menjadi masalah adalah, kita tinggal di negara yang memproduksi durian dalam jumlah yang sangat banyak. Masyarakat Indonesia juga sudah akrab dengan kelezatan raja buah-buahan ini.

Beruntung, menurut pakar kesehatan, penderita diabetes ternyata masih bisa mengonsumsi durian. Hanya saja, asupan dari buah yang bisa meningkatkan kadar gula darah dengan cepat ini juga harus dibatasi demi mencegah datangnya komplikasi.

Selain itu, jika ingin mengonsumsi durian, pakar kesehatan menyarankan penderita diabetes untuk mengonsumsi sayuran hijau minimal 200 gram, timun sebanyak satu buah, dan tomat berukuran besar satu buah. Semuanya harus dimakan sebelum mengonsumsi durian. Tak hanya membuat perut lebih kenyang sehingga asupan durian bisa diturunkan, sayuran ini juga mampu menghambat penyerapan gula sehingga dampak buruk setelah mengonsumsi buah ini bisa ditekan.

Hal yang sama juga bisa dilakukan jika penderita diabetes ingin mengonsumsi nasi atau mie yang juga bisa menaikkan kadar gula darah dengan cepat. Dengan mengonsumsi sayuran-sayuran tersebut sebelumnya, maka efek samping dari nasi dan mie juga bisa dicegah.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Hanya saja, agar lebih aman, penderita diabetes sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar mendapatkan saran terbaik tentang makanan yang aman untuk mereka konsumsi sehingga bisa mencegah kekacauan kadar gula darah dalam tubuhnya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi