Terbit: 20 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Setiap orang yang menderita diabetes atau kadar gula tinggi memang harus lebih memperhatikan pola makannya. Sebab, diabetes merupakan penyakit yang membuat tubuh menjadi lebih mudah lapar dan haus. Hal itu dikarenakan tubuh tidak lagi dapat memproduksi insulin dngan baik. Oleh karenanya, banyak pakar kesehatan yang menyarankan penderita diabetes lebih memperhatikan pola makannya.

Penderita Diabetes Boleh Puasa Asal Memperhatikan Hal ini

Mendekati bulan puasa, banyak penderita diabetes yang merasa resah dan harus bagaimana semestinya. Apakah boleh berpuasa atau tidak. Selain itu, banyak juga rumor yang mengatakan jika puasa bisa memperparah kondisi penderita diabetes. Apakah hal tersebut benar? Atau hanya rumor belaka? Untuk menjawab itu, Anda perlu mengetahui fakta tentang diabetes yang satu ini.

Jadi, penderita diabetes diperbolehkan untuk berpuasa jika untuk urusan ibadah. Namun, penderita harus memastikan terlebih dahulu jika kadar gula darahnya terkontrol dengan baik sehingga puasa bisa lancara tanpa hambatan sedikitpun. Dianjurkan bagi penderita yang ingin puasa untuk lebih banyak mengonsumsi air putih saat sahur ataupun berbuka untuk menghindari hipoglikemi.

Selain itu, Anda juga harus rutin konsultasi dan meminta petunjuk dokter untuk pemberian insulin. Pasalnya, penderita diabetes memang cukup sensitif terhadap masalah makanan. Sekali salah langkah, maka akan memperparah keadaan. Namun, sampai saat ini tidak pernah ditemukan kendala bagi penderita diabetes yang ingin menjalankan ibadah puasa.

Dari sini bisa diambil kesimpulan bahwa penderita diabetes diperbolehkan berpuasa. Itu adalah hal yang baik dan aman saja asalkan penderita mengetahui kondisi tubuhnya. Jika dirasa tidak mampu, maka sebaiknya ditunda atau dibatasi jam puasanya. Namun, jika dirasa tubuh mampu dan masih kuat, maka tidak ada salahnya menyelesaikan puasa sampai waktu berbuka.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi