Terbit: 26 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sebagaimana kita ketahui, penderita asam urat memang tidak boleh mengonsumsi makanan atau minuman dengan sembarangan. Hanya saja, apakah mereka boleh minum kopi?

Bolehkah Penderita Asam Urat Minum Kopi?

Sebagaimana kita ketahui, kopi adalah salah satu minuman yang paling digemari di Indonesia. Tak hanya memiliki rasa yang nikmat, kopi juga kaya akan nutrisi yang bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat. Sayangnya, sebagaimana jeroan atau makanan laut, mengonsumsi kopi ternyata juga bisa mempengaruhi kadar purin di dalam tubuh dan akhirnya membuat kondisi asam urat semakin parah.

Mengonsumsi kopi dengan berlebihan bisa mengganggu fungsi ginjal dan akhirnya memicu pengendapan asam urat. Selain itu, kadar kafein dan lemak yang tinggi di dalam kopi juga bisa mengganggu proses pengeluaran asam urat di dalam tubuh. Hal inilah yang akhirnya membuat kadar asam urat semakin menumpuk di sekitar persendian dan membuat gejala asam urat yang memicu rasa nyeri, pembengkakan, dan kemerahan menjadi semakin parah.

Kafein di dalam kopi jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan dalam waktu yang lama juga bisa merusak persendian dan jaringan tulang rawan. Hal ini tentu akan membuat  asam urat menjadi semakin parah. Dalam beberapa kasus, hal ini bisa memicu benjolan di sekitar persendian yang tentu akan mengganggu pergerakan penderita asam urat.

Kandungan kafein di dalam kopi juga bisa membuat purin berubah menjadi kristal tajam pada persendian dan akhirnya memicu penyempitan pembuluh darah. Hal ini tentu berbahaya bagi kondisi kesehatan penderita asam urat, khususnya dalam hal tekanan darahnya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Melihat adanya fakta ini, penderita asam urat memang sebaiknya tidak sembarangan dalam mengonsumsi kopi setiap hari.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi