Terbit: 7 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Telur adalah salah satu lauk yang paling sering dikonsumsi umat manusia. Tak hanya lezat dan mudah untuk diolah menjadi berbagai  jenis masakan, telur juga kaya akan protein yang baik bagi kesehatan. Hanya saja, apakah penderita asam urat tidak apa-apa jika makan telur?

Penderita Asam Urat Boleh Makan Telur?

Sebagaimana kita ketahui, asam urat adalah penyakit yang dipicu oleh banyaknya kandungan zat purin di dalam tubuh. Zat purin ini biasanya didapatkan dari beberapa jenis makanan tertentu. Karena alasan inilah penderita asam urat tidak boleh sembarangan mengonsumsi makanan karena jika sampai makanan yang dikonsumsinya kaya akan zat purin, maka gejala dari asam urat yang dideritanya bisa menjadi semakin parah.

Beberapa jenis makanan dan minuman yang kaya akan purin adalah jeroan, daging-dagingan, minuman beralkohol, minuman bersoda, dan lain sebagainya. Lantas, bagaimana dengan telur? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa asalkan dikonsumsi dengan jumlah yang aman, yakni maksimal 1 butir saja setiap hari, telur masih aman untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Yang tidak disangka adalah, telur ternyata juga bisa memberikan manfaat kesehatan bagi penderita asam urat. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan lesitin pada kuning telur. Kandungan ini bisa mengikat lemak berlebihan dalam darah yang bisa saja menyebabkan efek buruk bagi masalah asam urat.

Hanya saja, telur yang dikonsumsi oleh penderita asam urat sebaiknya bukanlah telur goreng. Telur yang paling direkomendasikan bagi mereka adalah telur rebus yang tidak mendapatkan tambahan lemak dan kandungan kurang sehat lainnya dari minyak.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Jika ragu, penderita asam urat sebaiknya berkonsultasi kepada dokter tentang pemilihan bahan makanan yang aman bagi kondisi kesehatannya.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi