Sectio Caesarian – Penanganan Infeksi dan Perawatan Mandiri

bayi-baru-lahir-doktersehat
Photo Credit: Adam McGuffie

DokterSehat.Com– Berikut adalah penanganan infeksi dan perawatan mandiri dalam sectio caesarian.

Penanganan infeksi
Jika ada kekhawatiran tentang infeksi rahim, kerusakan kandung kemih atau usus yang belum tampak, gumpalan vena-dalam pada panggul atau paru-paru, atau pemisahan luka yang dalam sehingga lapisan perut terbuka, segera opnam ke rumah sakit untuk observasi dan mendapatkan terapi intensif.

Perawatan diri di rumah
Batasi komplikasi, wanita dapat meninggalkan rumah sakit biasanya 48-96 jam setelah melahirkan secara caesar. Jika terjadi komplikasi selama operasi, rawat inap dapat dimungkinkan. Setelah di rumah, penting untuk memantau komplikasi lebih lanjut dalam proses penyembuhan.

Perawatan luka dapat ditangani di rumah.

  • Perawatan dari sayatan bedah relatif sederhana. Cuci luka selama air tidak langsung masuk ke dalam luka. Menjaga luka bersih dan kering penting untuk penyembuhan yang memadai. Ini juga meliputi menghindari lipatan kulit yang dapat menyebabkan kelembaban dan infeksi yang berlebihan.
  • Kadang-kadang, luka dapat terpisah dari ujungnya, dan darah atau cairan atau keduanya dapat keluar. Jika ini terjadi, cari perhatian medis segera.
  • Jika tepi luka tidak menutup dengan benar, luka dapat dibiarkan terbuka pada saat pulang dari rumah sakit. Dalam situasi ini, luka harus dikemas seperti yang diperintahkan oleh staf rumah sakit 2 sampai 3 kali sehari. Luka terbuka secara bertahap akan sembuh dimulai dari dasar luka ke permukaan luka.

Pengobatan

  • Jika pemisahan luka terjadi di permukaan, luka akan ditutup, dan instruksi perawatan luka yang tepat akan diberikan. Lakukan temu janji untuk perawatan tindak lanjut
  • Jika masalahnya sederhana seperti kontrol nyeri pasca operasi, obat nyeri yang tepat akan diresepkan.
  • Jika terjadi infeksi kandung kemih, infeksi ginjal tanpa komplikasi, atau infeksi luka sederhana, antibiotik yang tepat akan diberikan dan janji untuk evaluasi tindak lanjut akan dilakukan.
Sectio Caesarian – Halaman Selanjutnya: 1 2 3 4 5