Diplopia – Penanganan dan Prognosis

Diplopia-doktersehat

Sebelum memutuskan perawatan, penting bagi Anda dan dokter untuk menemukan penyebab masalah penglihatan. Dalam banyak kasus, masalah pengelihatan dapat hilang begitu Anda memperbaiki atau menangani masalah mendasar.

Perawatan yang paling umum untuk diplopia meliputi:

  • Lensa korektif: Kacamata atau lensa khusus dapat memperbaiki masalah penglihatan.
  • Penutup mata: Menutupi satu mata dapat menghentikan penglihatan ganda. Meskipun ini mungkin bukan solusi jangka panjang, penutup mata dapat membantu mengelola penglihatan ganda sampai ada solusi yang lebih permanen.
  • Latihan mata: Jika masalah penglihatan Anda adalah hasil dari otot mata yang tegang atau melemah, dokter Anda dapat memberi Anda “latihan” yang dapat membantu Anda mendapatkan kembali kekuatan otot mata. Ketika otot menjadi lebih kuat, masalah penglihatan Anda akan meningkat.
  • Pembedahan: Tergantung pada penyebabnya, Anda mungkin memerlukan pembedahan untuk memperbaiki masalah fisik apa pun. Juga, orang-orang dengan masalah seperti katarak atau masalah dalam mata mungkin akan membutuhkan pembedahan di beberapa titik. Operasi untuk menangani masalah tersebut juga dapat memperbaiki penglihatan ganda.

Prognosis

Orang dengan penglihatan ganda sering pulih sepenuhnya. Beberapa orang akan pulih dengan perawatan minimal tergantung pada penyebabnya. Orang lain mungkin membutuhkan perawatan lebih.

Setelah penyebab mendasar diobati, penglihatan ganda dan gejala lain apa pun yang Anda alami dapat hilang. Dalam beberapa kasus, Anda perlu perawatan tambahan, tetapi sebagian besar upaya untuk mengobati diplopia berhasil.

Beberapa penyebab umum penglihatan ganda dapat kembali. Ini termasuk katarak dan kelemahan saraf kranial. Dalam kasus ini, penting berkonsultasi dengan dokter untuk mengidentifikasi masalah segera setelah dimulainya diplopia  sehingga Anda dapat memulai perawatan jika masalah penglihatan kembali hadir.

Diplopia: 1 2 3