Tidak ada obat pasti yang dapat mengobati alopecia areata, namun kondisinya bisa diobati. Pengobatan mungkin dapat menghentikan kerontokan rambut di masa depan atau membantu rambut tumbuh kembali dengan lebih cepat.

Alopecia-Areata-doktersehat

Perawatan Medis Alopecia Areata

Anda bisa menggosokkan beberapa obat tertentu seperti minoxidil (Rogaine) ke kulit kepala untuk membantu merangsang pertumbuhan rambut. Terapi umum lainnya termasuk suntikan steroid atau krim kortikosteroid dan salep. Dalam beberapa kasus, fotokemoterapi dapat digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Fotokemoterapi adalah jenis pengobatan radiasi yang menggunakan kombinasi obat oral (obat minum) dan sinar ultraviolet.

Terapi Alternatif Alopecia Areata

Beberapa orang dengan alopecia areata memilih terapi alternatif untuk mengobati kondisi mereka. Terapi alternatif dapat meliputi:

  • aromaterapi
  • akupunktur
  • suplemen herbal
  • vitamin

Sebagian besar terapi alternatif belum diuji coba dalam uji klinis, sehingga efektivitasnya dalam mengobati rambut rontok tidak diketahui.

Ada juga beberapa langkah yang mungkin dilakukan untuk membantu meminimalkan ketidaknyamanan, termasuk:

  • mengoles tabir surya untuk melindungi daerah yang terpapar dari sengatan sinar matahari
  • memakai kacamata hitam untuk melindungi mata dari sinar matahari dan debu jika bulu mata terjatuh
  • memakai wig, topi, atau syal untuk melindungi kulit kepala

Keefektifan setiap terapi akan bervariasi dari orang ke orang. Beberapa orang bahkan tidak memerlukan perawatan karena rambut mereka tumbuh kembali dengan sendirinya. Namun, dalam kasus lain, orang tidak pernah mengalami perbaikan meski mencoba setiap pilihan pengobatan. Anda mungkin perlu mencoba lebih dari satu perawatan untuk melihat perbedaannya. Perlu diingat bahwa pertumbuhan kembali rambut mungkin hanya sementara. Mungkin rambutnya tumbuh kembali dan kemudian rontok lagi.

Cara Mengatasi Alopecia Areata

Alopecia areata dapat menjadi tantangan emosional, terutama saat rambut rontok mempengaruhi seluruh kulit kepala. Orang dengan kondisi tersebut mungkin merasa terisolasi atau menjadi depresi. Jika Anda merasa kewalahan, konselor atau kelompok pendukung dapat membantu Anda mengatasi dampak dari penyakit ini. Kelompok pendukung dapat menyediakan lingkungan yang aman bagi Anda untuk berbagi pengalaman dan mengungkapkan stres atau kecemasan yang mungkin Anda rasakan. Di Amerika Serikat, terdapat kelompok pendukung National Alopecia Areata Foundation (NAAF) di berbagai tempat di seluruh Amerika Serikat. NAAF juga memiliki konferensi dan papan pesan online untuk membantu orang terhubung dengan orang lain yang menderita penyakit ini.

Jika rambut rontok mengganggu Anda, Anda bisa mencoba menutupi bercak botak dengan wig, topi, atau kerudung. Anda juga bisa menerapkan bubuk atau krim berwarna rambut ke kulit kepala untuk membuat rambut rontok menjadi tersamarkan. Menerapkan pensil alis bisa membantu menutupi alis yang hilang.

Alopecia Areata: 1 2