5 Kondisi Ini Bisa Bikin Mulut Terasa Pahit

DokterSehat.Com– Salah satu masalah kesehatan yang sering diderita oleh banyak orang adalah sensasi mulut yang terasa pahit. Meski bisa membuat kita merasa tidak nyaman, kebanyakan orang menganggap hal ini sebagai sesuatu yang tidak perlu dikhawatirkan. Padahal, bisa jadi hal ini adalah tanda dari masalah kesehatan yang patut untuk kita waspadai.

Beberapa hal yang bisa menyebabkan mulut terasa pahit

Pakar kesehatan menyebut mulut yang terasa pahit seringkali terkait dengan penurunan produksi air liur di dalam mulut. Hal ini membuat keseimbangan bakteri di dalam mulut menurun dan akhirnya membuat produksi sulfur di dalam mulut semakin meningkat. Sayangnya, hal inilah yang membuat mulut terasa pahit.

Berikut adalah beberapa masalah kesehatan yang bisa menyebabkan sensasi mulut terasa pahit yang harus diwaspadai.

  1. Terkena sindrom mulut terbakar

Selain sensasi pahit pada mulut, sindrom mulut terbakar juga akan menyebabkan gejala seperti panas atau terbakar pada mulut sehingga bisa membuat penderitanya merasa sangat tidak nyaman. Gejala dari masalah kesehatan ini juga bisa terjadi di sebagian atau seluruh bagian mulut.

Masalah kesehatan ini juga bisa membuat mulut kering dengan sensasi logam yang sangat kuat. Pakar kesehatan menyebut sindrom mulut terbakar lebih sering terjadi pada wanita yang sudah berada dalam fase menopause atau berusia lanjut. Selain itu, mereka yang menderita diabetes atau mengalami kanker juga bisa mengalami hal yang sama di usia produktif.

  1. Mengalami masalah mulut kering

Dalam dunia medis, mulut kering disebut sebagai xerostomia. Kondisi ini seringkali terkait dengan gangguan produksi air liur yang dipengaruhi oleh faktor penuaan, kebiasaan merokok, mengonsumsi obat-obatan tertentu, hingga masalah autoimun seperti terkena sindrom Sjogren. Masalahnya adalah hal ini akan menyebabkan sensasi tidak nyaman, sensasi pahit, tidak mampu menikmati rasa asin, hingga gangguan menelan dan berbicara.

  1. Mengalami masalah asam lambung

Masalah kenaikan asam lambung atau yang lebih sering dikenal sebagai gastroesophageal reflux disease (GERD) memang bisa menyebabkan gejala mulut terasa pahit dan masam. Hal ini disebabkan oleh naiknya asam lambung dari perut menuju ujung tenggorokan. Bahkan, jika kondisi ini berlangsung cukup parah, bisa saja asam lambung mencapai mulut.

Pakar kesehatan menyebut kondisi ini seringkali terkait dengan melemahnya bagian sfingter esophagus, sejenis katup yang bisa menjadi penahan asam lambung agar tidak naik ke kerongkongan. Selain itu, pola makan yang buruk atau kebiasaan mengonsumsi makanan tertentu juga bisa menjadi pemicunya.

  1. Konsumsi obat-obatan tertentu

Pakar kesehatan menyebut masalah mulut kering seringkali juga terkait dengan konsumsi obat-obatan tertentu. Hal ini disebabkan oleh kandungan di dalam obat ini yang juga ikut dimetabolisme oleh tubuh hingga menjadi air liur. Jika sampai hal ini terjadi, maka kita pun akan kembali merasakan sensasi pahit setelah mengonsumsinya.

Jika di dalam obat-obatan yang kita konsumsi juga mengandung elemen logam. Sensasi pahit pada mulut bahkan bisa semakin kuat. Sebagai contoh, beberapa jenis obat yang mampu menyebabkan hal ini adalah obat untuk mengatasi masalah kesehatan jantung, obat lithium yang ditujukan untuk pengidap gangguan mental, obat antibiotik berjenis tetrasiklin, hingga beberapa vitamin atau suplemen tambahan yang memiliki kandungan logam layaknya seng dan tembaga.

  1. Kehamilan

Ibu hamil ternyata juga rentan mengalami sensasi mulut pahit. Hal ini disebabkan oleh berubahnya kadar hormon estrogen di dalam mulut. Meski bisa membuat sensasi tidak nyaman atau menurunkan nafsu makan, kondisi ini wajar terjadi dan biasanya akan hilang dengan sendirinya setelah melahirkan.