7 Pemicu Masalah Kolesterol Tinggi yang Tidak Terduga

kolesterol-dalam-tubuh-doktersehat

DokterSehat.Com– Kebanyakan orang berpikir jika masalah kolesterol tinggi hanyalah terkait dengan kebiasaan mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Padahal, pakar kesehatan menyebut masalah kesehatan ini bisa dipicu oleh berbagai macam faktor. Sebenarnya, apa saja hal yang bisa menyebabkan peningkatan kadar kolesterol tubuh?

Berbagai penyebab masalah kolesterol tinggi yang tidak diduga

Mengingat kolesterol tinggi bisa berujung menjadi masalah kesehatan yang tidak bisa disepelekan seperti penyakit jantung dan stroke, kita memang harus pandai-pandai menjaga gaya hidup tetap sehat demi mencegah kedatangannya.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan datanya masalah kolesterol tinggi yang patut untuk diwaspadai.

  1. Diet yang tidak sehat

Pakar kesehatan menyebut salah satu penyebab utama dari peningkatan kadar kolesterol tubuh adalah diet harian yang tidak sehat. Memang, kita masih membutuhkan asupan lemak dan kolesterol, namun bukan berarti kita sembarangan mengonsumsinya.

Jika kita sering mengonsumsi makanan cepat saji, daging berlemak, susu tinggi lemak, mentega, gorengan, dan lain-lain, maka risiko untuk mengonsumsi lemak jahat dengan berlebihan yang berimbas pada meningkatnya risiko terkena kolesterol tinggi akan meningkat dengan signifikan.

  1. Kurang gerak

Salah satu pemicu utama dari masalah kolesterol tinggi lainnya adalah kurang gerak. Tak hanya malas melakukan olahraga, jika kita terbiasa bermalas-malasan atau duduk dalam waktu yang lama seharian juga akan meningkatkan risiko terkena kolesterol tinggi.

Selain mulai membiasakan diri untuk berolahraga secara rutin, pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk lebih aktif melakukan peregangan, berjalan kaki, memakai sepeda, memakai tangga, atau memakai angkutan umum yang bisa membantu tubuh menjadi lebih sehat.

  1. Hobi merokok

Siapa bilang rokok hanya akan memberikan dampak bagi saluran pernapasan saja? Dalam realitanya, rokok bisa memberikan dampak kesehatan yang jauh lebih berbahaya dari yang kita kira. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan beracun yang ada di dalam asap rokok. Sebagai contoh, kandungan di dalam asap rokok bisa memasuki aliran darah dan merangsang penumpukan plak di dalam pembuluh darah. Hal inilah yang bisa memicu datangnya kolesterol tinggi, penyakit jantung, atau stroke.

  1. Memiliki berat badan berlebih

Jika kita mengalami masalah kelebihan berat badan atau yang juga dikenal dengan sebutan obesitas, maka risiko untuk mengalami masalah kolesterol tinggi akan naik dengan signifikan. Bahkan, risiko terkena masalah kesehatan serius lainnya seperti diabetes, hipertensi, dan penyakit jantung juga akan ikut naik.

Hal ini disebabkan oleh kondisi berat badan berlebihan yang ternyata bisa membuat kadar trigliserida naik dengan signifikan. Hal inilah yang akhirnya berimbas pada peningkatan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

  1. Faktor usia

Mereka yang sudah berusia tua memang cenderung lebih rentan terkena kolesterol tinggi. Selain itu, pria juga memiliki risiko lebih besar untuk terkena masalah kesehatan ini di usia produktif. Hanya saja, jika kita menerapkan gaya hidup tidak sehat sejak usia muda, maka risiko untuk terkena kolesterol tinggi kapan saja pun meningkat.

  1. Faktor genetik

Jika kita memiliki riwayat keluarga yang memiliki masalah kolesterol tinggi, maka risiko untuk mengalami masalah kesehatan yang sama juga meningkat, apalagi jika kita tidak menerapkan gaya hidup sehat untuk mencegahnya.

  1. Malas melakukan pengecekan kesehatan secara rutin

Jika kita malas melakukan pengecekan kondisi kesehatan secara rutin, maka kita tidak mengetahui kondisi tubuh dengan baik sehingga tidak bisa menerapkan gaya hidup yang tepat. Hal ini bisa berimbas pada meningkatnya kolesterol tinggi atau bahkan masalah kesehatan serius lainnya.