7 Pemicu Kerusakan Rambut yang Jarang Disadari

rambut-rusak-doktersehat
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com – Bagi beberapa orang, rambut adalah bagian dari tubuh yang sangat diperhatikan dengan baik. Rambut sering diberi vitamin akan lebih kuat dan warnanya kuat. Namun, mereka yang mengabaikan rambut juga banyak. Asal rutin dibersihkan seperti keramas tidak akan menyebabkan apa-apa. Padahal ada banyak hal biasa bisa memicu kerusakan rambut tanpa kita sadari sebelumnya.

Penyebab kerusakan pada rambut

Tanda disadari sebelumnya, kita sering melakukan beberapa kesalahan di bawah ini. Dampaknya rambut menjadi rusak entah karena rontok, patah, atau mungkin bercabang di ujungnya.

  1. Salah menggunakan produk perawatan

Kalau Anda salah memilih produk perawatan rambut seperti sampo atau sejenisnya, kemungkinan besar akan sering mengalami masalah dengan kerusakan. Jangan asal membeli produk perawatan rambut. Sesuaikan kondisi rambut dengan produk yang akan dibeli.

  1. Kesalahan saat menyisir

Saat menyisir, pastikan untuk melakukannya dengan perlahan-lahan. Jangan menyisir dengan cepat, kuat, dan berkali-kali. Lakukan perlahan dengan gerakan yang benar. Kalau Anda menyisir dengan sangat kuat, kemungkinan besar bisa merusak kekuatan dari rambut. Kerusakan di permukaan rambut juga sering terjadi. Sisir saat rambut basah setelah menggunakan sampo agar berjalan lancar.

  1. Sering dikeringkan dengan alat

Kalau Anda tidak sedang buru-buru ingin keluar rumah jangan keringkan rambut dengan mesin. Lebih baik keringkan secara alami. Gunakan handuk untuk menyerap air secara perlahan-lahan lalu angin-anginkan. Kalau Anda sering memakai pengering rambut setiap hari, besar kemungkinan terjadi kerusakan.

Udara panas dari pengering rambut akan langsung membuang air dari permukaan rambut. Padahal air dibutuhkan untuk menjaga kelembaban. Kalau Anda terpaksa menggunakan pengering, gunakan di dalam handuk. Lapisi rambut dengan handuk agar rambut tidak langsung terkena paparan panas.

  1. Diet yang dijalani salah

Apa yang Anda makan berpengaruh besar pada kondisi kesehatan termasuk rambut. Kalau Anda mengonsumsi makanan yang salah, kemungkinan besar memicu kerontokan rambut dan kerusakan lainnya. Perhatikan apa yang Anda makan dan usahakan memiliki manfaat untuk rambut.

  1. Mengalami stres

Stres yang berlebihan menyebabkan hormon di dalam tubuh mengalami gangguan. Selain itu hormon yang memicu inflamasi di tubuh juga akan dihasilkan dalam jumlah banyak. Dampaknya, kerontokan tidak bisa dihindari.

  1. Terlalu lama dikuncir atau dikepang

Rambut yang terlalu lama dikuncir atau dikepang akan rusak dengan sendirinya. Kerusakan ini bisa muncul kalau tekanan di akar rambut sangat kuat atau tatanan rambut yang dilakukan membuat kerusakan di bagian tengah atau akar. Evaluasi tatanan rambut yang Anda lakukan kalau sering mendapati rambut lusuh, tidak bisa lurus, dan rontok.

  1. Gangguan tiroid

Seseorang dengan gangguan tiroid akan mudah mengalami masalah pada beberapa bagian tubuh termasuk rambut rusak. Selain rambut rusak dan sering sekali rontok, seseorang juga bisa dengan mudah mengalami masalah pada kuku. kulit jadi mudah sakit, luka yang terjadi susah kering.

Seseorang dengan kondisi ini juga mudah sekali lelah meski tidak melakukan aktivitas terlalu berat. Kalau Anda mengalami masalah rambut dan gejala yang telah disebutkan sebelumnya, segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

Cara mengatasi kerusakan rambut

Kalau Anda mengalami masalah dengan rambut dan ingin segera merawatnya agar tidak lebih parah, lakukan beberapa hal di bawah ini.

  1. Mengubah metode perawatan

Kalau rambut Anda rusak padahal sudah melakukan perawatan, berarti ada yang salah dengan metode perawatan yang Anda lakukan. Oleh karena itu coba cek lagi kondisi rambut dan alat yang digunakan untuk perawatan. Kalau memang harus diganti lakukan sesegera mungkin. Lakukan konsultasi dengan dokter agar perawatan dilakukan dengan benar.

  1. Menggunakan pelembab secara rutin

Gunakan pelembab secara rutin. Kalau Anda cenderung memiliki rambut yang kering atau berada di lingkungan yang menyebabkan rambut kering, jangan lupa untuk memberikan pelembab. Lakukan setiap hari atau beberapa kali dalam seminggu kalau dibutuhkan.

  1. Kurangi stres

Kalau Anda mengalami stres berlebihan, rambut akan semakin rusak dan rontok. Kurangi stres atau hilangkan kondisi ini dengan baik. Anda bisa mengurangi stres dengan melakukan pelesir, relaksasi, atau meditasi. Apa saja bisa dilakukan untuk membuat pikiran jadi tenang.

  1. Perhatikan pola makan

Selalu perhatikan apa yang Anda makan. Kalau Anda tidak bisa melakukannya, kemungkinan besar terjadi masalah pada penyerapan nutrisi. Rambut butuh nutrisi yang banyak untuk mencegah rontok dan rusak. Perhatikan lagi apa yang dimakan dan usahakan ada nutrisi untuk rambut.

Mencegah rambut rusak

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan pada rambut.. Lakukan beberapa hal di bawah ini dan sesuaikan dengan kebutuhan.

  • Gunakan pelembab rambut setelah keramas.
  • Pijat kulit kepala saat mengaplikasikan sampo.
  • Gunakan penutup kepala saat berenang di kolam renang umum. Kandungan zat kimia seperti kaporit bisa menyebabkan kerusakan rambut.
  • Sebisa mungkin untuk membiarkan rambut kering dengan sendirinya dan jangan menggunakan pengering yang panas.
  • Kurang penggunaan bahan kimia yang diaplikasikan ke rambut, misal yang digunakan untuk mewarnai.
  • Jangan mengikat terlalu lama apalagi sampai dikepang kecil-kecil dalam jumlah banyak.
  • Rambut juga butuh dimasker dengan bahan-bahan alami. Anda bisa memakai campuran minyak kelapa atau minyak zaitun dengan bahan lain seperti telur.
  • Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang sehat. Percuma merawat bagian luarnya saja kalau bagian dalamnya malah rusak.

Inilah beberapa ulasan tentang beberapa hal yang memicu kerusakan pada rambut. Nah, dari beberapa ulasan di atas, kira-kira mana saja yang pernah Anda lakukan atau bahkan tetap melakukannya sampai sekarang. Semoga setelah mengetahui ulasan di atas Anda bisa menjaga kesehatan rambut dengan baik dan mencegah terjadi kerusakan baik kecil atau besar.