10 Hal yang Memicu Gejala Multiple Sclerosis (MS) Lebih Parah

pemicu-multiple-sclerosis-doktersehat

DokterSehat.Com – Multiple sclerosis adalah gangguan pada daya tahan tubuh yang menyebabkan sistem imun menyerang tubuh karena dianggap radikal bebas. Bagian yang diserang pun juga sangat penting bagi tubuh yaitu sistem saraf. Akibat serangan yang bertubi-tubi, tubuh mengalami banyak masalah seperti sering mengalami nyeri hingga beberapa alat gerak susah difungsikan.

Hal yang memicu gejala multiple sclerosis makin parah

Meski hingga sekarang belum ada obat yang digunakan untuk menyembuhkan multiple sclerosis, penanganan sudah mulai maju untuk meringankan gejala yang ditimbulkan. Selain itu, penderita multiple sclerosis yang mayoritas perempuan juga harus berusaha menghindari beberapa hal di bawah ini.

  1. Terpapar panas

Kalau Anda mengalami multiple sclerosis, panas yang terlalu intens dan mengenai tubuh akan membuat gejala semakin parah. Oleh karena itu Anda tidak diperkenankan untuk mandi di dalam bak air panas, sauna, atau berada di bawah sinar matahari terlalu lama karena gejala yang parah akan segera muncul.

Hindari semua hal yang memancarkan panas ke tubuh terlalu lama dan intens. Kalau ingin mandi dengan air hangat ada baiknya tidak dengan berendam. Selain itu, gunakan payung atau pelindung lainnya saat berada di bawah sinar matahari khususnya saat siang hari.

  1. Stres

Semua orang bisa mengalami stres dengan lebih mudah. Stres bisa muncul akibat pekerjaan yang sangat intens, kurang tidur, atau karena ada masalah lainnya. Stres akan menyebabkan tubuh mudah mengalami inflamasi dan memicu gejala multiple sclerosis semakin parah dan sering muncul.

Kalau Anda tidak mau mengalami stres yang berlebihan, ada baiknya untuk melakukan relaksasi atau sekadar meditasi. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan agar pikiran menjadi lebih tenang dan tidak memicu kondisi multiple sclerosis muncul kian parah.

  1. Mengalami sakit

Mengalami sakit atau tubuh mengalami infeksi akan menyebabkan kondisi multiple sclerosis semakin parah dan susah dikendalikan. Itulah kenapa orang dengan kondisi multiple sclerosis disarankan untuk menjaga kesehatan tubuhnya dan tidak melakukan berbagai hal berbahaya yang memicu tubuh sakit dan susah dikendalikan.

Cara terbaik untuk mencegah sakit adalah dengan rutin berolahraga atau melakukan aktivitas pasif lainnya. Meski ada kendala dengan tubuh, ada baiknya untuk melakukan olahraga semampunya. Selain itu, selalu perhatikan asupan antioksidan dari luar agar tubuh tidak mudah sakit dan akhirnya kondisi multiple sclerosis kian parah.

  1. Kurang tidur

Tidur adalah hal yang sangat vital dan memengaruhi kondisi kesehatan seseorang secara menyeluruh. Kalau Anda sulit sekali tidur setiap malam dan dalam satu hari tidak menghabiskan 7-9 jam untuk terlelap, kemungkinan kondisi multiple sclerosis untuk kambuh akan besar. Selalu perhatikan jumlah jam tidur dan pastikan tidur yang dilakukan selalu berkualitas.

  1. Kekurangan vitamin D

Dari beberapa penelitian yang dilakukan, seseorang dengan kondisi kekurangan vitamin D lebih rentan mengalami multiple sclerosis, kalau sudah mengalaminya, gejalanya akan mudah sekali muncul. Cara terbaik untuk mengatasi kondisi ini adalah dengan mencukupi kebutuhan makanan yang mengandung vitamin D, berjemur sebentar di bawah sinar matahari pagi, dan menggunakan suplemen.

  1. Merokok

Dengan merokok, tubuh akan mendapatkan banyak sekali suplai racun yang mengalir mengikuti aliran darah. Racun yang terus masuk ke dalam tubuh akan memicu multiple sclerosis kian parah dan semakin mengganggu aktivitas sehari-hari. Selain itu, seseorang juga akan mudah mengalami penyakit jantung dan juga paru-paru.

  1. Pola makan buruk

Pola makan atau diet yang buruk akan menyebabkan banyak masalah pada tubuh. Anda akan sulit sekali memenuhi kebutuhan nutrisi pada tubuh dan memicu daya tahan kian menurun. Dampaknya, seseorang akan mudah sekali mengalami sakit dan kondisi multiple sclerosis akan terpancing untuk keluar.

Perbanyak makan buah dan sayuran setiap hari. Hindari makanan yang  berlemak atau terlalu manis yang bisa memicu masalah lain pada tubuh. Makanan berlemak bisa memicu kegemukan sementara makanan yang terlalu manis bisa memicu diabetes.

  1. Beberapa jenis obat

Beberapa jenis obat bisa menyebabkan kondisi atau gejala dari multiple sclerosis kian parah dan susah dikendalikan. Agar Anda tidak mengalami masalah dengan tubuh, katakan pada dokter saat berobat agar mereka bisa merekomendasikan berbagai jenis obat yang aman dikonsumsi oleh penderita multiple sclerosis. Jangan asal minum obat seperti obat yang dijual di pasaran.

  1. Vaksin tertentu

Daya tahan tubuh seorang penderita multiple sclerosis memang tak stabil. Itulah kenapa dokter selalu menyarankan mereka untuk tidak melupakan obat yang diberikan. Penderita multiple sclerosis juga sangat sensitif dengan vaksin yang merupakan patogen hidup yang telah dilemahkan. Pemberian vaksin bisa memberikan gejala yang cukup parah pada tubuh.

Sebelum melakukan vaksin, ada baiknya untuk melakukan konsultasi dahulu dengan dokter. Apa saja jenis vaksin yang aman atau apa yang harus dilakukan setelah mendapatkan vaksin agar tubuh tidak mengalami gejala yang parah.

  1. Terlalu memforsir tubuh

Seseorang dengan kondisi multiple sclerosis memang tidak bisa melakukan banyak kegiatan seperti saat tubuhnya sehat dahulu. Hal ini terjadi karena beberapa alat gerak tidak bisa difungsikan dengan maksimal. Kalau seseorang memaksakan diri untuk melakukannya, kemungkinan besar tubuh akan kelelahan dan gejala multiple sclerosis akan muncul kembali.

Kalau Anda memiliki kondisi multiple sclerosis, ada baiknya untuk menghindari hal-hal di atas. Jika tidak, tubuh akan semakin tidak nyaman dan Anda kesulitan untuk beraktivitas dengan baik. Konsumsi obat yang diberikan oleh dokter dan mulailah menjalani gaya hidup sehat agar kondisi multiple sclerosis tidak menurunkan ekspektasi hidup.