5 Pemicu Diabetes yang Tidak Terduga dan Wajib Diwaspadai

penyebab-diabetes-doktersehat

DokterSehat.Com – Diabetes adalah salah satu penyakit yang banyak dialami oleh milenial. Karena kebiasaan makan dan gaya hidup yang buruk, gula darah di dalam tubuh sering meningkat dan memicu diabetes untuk muncul. Kondisi ini biasanya berjalan perlahan-lahan dan akhirnya membuat kondisi tubuh memburuk di kemudian hari.

Pemicu Diabetes dari Kebiasaan yang Tidak Terduga

Selama ini kita selalu menganggap kalau diabetes muncul karena kita terlalu banyak makan yang manis seperti gula. Ternyata ada banyak hal lain yang sering tidak sengaja kita lakukan dan bisa jadi penyebab diabetes di kemudian hari.

Lebih jelasnya, berikut beberapa pemicu diabetes yang tidak terduga dan wajib Anda waspadai:

  1. Terlalu banyak mengonsumsi sodium

Sodium atau garam dapur memang tidak langsung berhubungan dengan diabetes. Namun, mengonsumsi garam terlalu banyak untuk masakan bisa memicu kenaikan berat badan perlahan-lahan. Tubuh juga mudah mengalami hipertensi sehingga aliran darah di dalam tubuh tidak bisa berjalan dengan baik.

Tekanan darah tinggi dan obesitas adalah salah satu pemicu diabetes tipe II. Kalau tubuh sering mengalaminya, peluang diabetes muncul akan sangat besar. Selanjutnya, garam yang terlalu banyak di dalam tubuh membuat ketahanan tubuh terhadap insulin juga meningkat.

  1. Tidak mengonsumsi minuman berkafein

Kopi memang bisa memberikan efek buruk pada seseorang kalau dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Ketika kopi dikonsumsi dengan jumlah yang benar dan tidak banyak menggunakan gula atau pahit, ini justru bermanfaat untuk menambah semangat pada seseorang sehingga selalu semangat bekerja.

Penderita diabetes biasanya enggan mengonsumsi kopi karena dianggap bisa membuat kondisi diabetes kambuh. Faktanya, diabetes tidak kambuh hanya karena ada kandungan kafeinanya. Kopi rendah gula atau tidak memakai gula sama sekali bisa menurunkan risiko diabetes hingga 17 persen. Jadi, tidak ada salahnya mengonsumsi kopi 1-2 cangkir setiap hari.

  1. Terlalu sering menggunakan obat kumur

Kalau Anda termasuk tipe orang yang menganggap gosok gigi saja sudah cukup untuk membersihkan gigi dan rongga mulut, berarti risiko diabetes tidak akan naik. Berbeda dengan Anda yang sehabis sikat gigi masih dilanjutkan dengan menggunakan obat kumur, maka pemicu diabetes bisa naik hingga 55 persen.

Ternyata di dalam mulut ada bakteri baik yang ikut mati akibat obat kumur. Bakteri itu bisa membantu mengendalikan gula darah di dalam tubuh.

  1. Terlalu menghindari makanan mengandung gluten

Seorang penderita diabetes atau orang yang memiliki riwayat diabetes biasanya enggan mengonsumsi makanan dengan kandungan gluten tinggi. Sayangnya, terlalu sering menghindari gluten juga tidak baik untuk tubuh. Bahkan, peluang terkena diabetes masih ada. Lebih baik membatasi saja gluten karena tubuh masih membutuhkan nutrisinya dan kalau tidak terlalu banyak, maka tidak akan jadi pemicu diabetes.

  1. Sering menyendiri

Mungkin terdengar sepele dan seperti tidak ada hubungannya. Namun, seorang wanita yang berusia di atas 40 tahun sangat rentan menyendiri. Kalau sudah menyendiri mereka akan mengalami depresi dan akhirnya tubuh merespons dengan membuat tubuh menjadi mudah terkena diabetes tipe II.

Berdasarkan penelitian, sering menyendiri bisa menjadi pemicu diabetes bahkan naik hingga 112 persen. Dengan kenaikan yang cukup besar ini, wanita akan rawan sekali mengalami komplikasi pada tubuhnya secara perlahan-lahan. Jadi. Sering-seringnya bersosialisasi dengan banyak keluarga khususnya saat memasuki masa menopause.

Itulah beberapa pemicu diabetes yang banyak dilakukan oleh milenial. Menurut Anda, mana saja yang sering dilakukan? Semoga setelah mengetahui hal-hal di atas, kita bisa lebih bijak dalam menjalankan sesuatu.